Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

IHT ( Guru & Karyawan )


IN-HOUSE TRAINING ( IHT )

Hore, hari ini pulang gasik….! Ucap girang salah seorang siswa kelas 7 pada hari Sabtu, 17 Maret 2012. Mengapa?

Tapi beda dengan Bapak/Ibu Guru dan Karyawan hari itu, selain masih mengajar sampai jam ke 4. Malamnya sibuk packing untuk persiapan mengikuti kegiatan yang telah di programkan sekolah yakni. In House Training, yang popular kami sebut IHT. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 17 sampai dengan 18 Maret 2012. Setelah bel jam ke 4 usai dibunyikan, siswa-siswa diperpenankan melanjutkan belajarnya rumah, sementara Bapak/Ibu Guru dan Karyawan berkemas-kemas dengan menggunakan 13 Mobil berangkat menuju Pedesaaan yakni yang tenar disebut Desa Wisata Brayut, tempat ini berlokasi di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Pukul. 11.00 seluruh Bapak/Ibu peserta IHT telah sampai tujuan. Masing-masing masih saling mengobrol, menceritakan selama perjalanan. Ada yang langsung sampai, ada juga yang salah belok, keblablasan, tapi semua sampai tepat waktu.
Pembukaan dilaksanakan setelah sholat Duhur di Aula Utama/Joglo Kegiatan. Sesi Pertama ini terdiri dari Laporan Ketua Panitia, Do’a Lagu suka Cita, Ice Breaker, Paparan Visi, Misi dan Program Sekolah dan diakhiri makan siang.

Setelah shalat Asar, dilanjutkan sesi kedua yakni Pelatihan Tari bagi Ibu-ibu dan Gamelan untuk Bapak-Bapak. Setelah itu koordinasi pembagian Home Stay dan persiapan tiap RT untuk pentas seni pada Sesi ke Lima. Kegiatanpun berlanjut ke Informasi PKG dan PKB dengan selingan permainan ringan, Tembang dan Lagu, semangat dengan suguhan Teh hangat dan snek khas nDeso. Selesai kegiatan sesi ke tiga, diluar sudah di tunggu tuan rumah,  untuk diantar sampai tempat beristirahat. 

Kegiatan yang ketuai oleh beliau bapak Drs. Bambang Sumantri, M.Pd dibawah Pelindung bapak Heriyono, M.Pd selaku Kepala Sekolah, dengan dibantu sekretaris Subani, S.Pd.I, Bendahara Dwi Susantiningsih, S.Pd, Seksi Kegiatan Pak Agus, Ibu Pribadi, Pak Danang, Pak Bambang dan Pak Yuli, didukung seksi konsumsi : Ibu Sri Indrati, Bu Tri Nuryanti dan Bu Etty. Seksi Akomodasi Pak Wahyu, Pak Nas, dan Pak Yuliu. Perlengkapan : Pak Kariyono, Pak Faro’id, dan Mas Hebrint. Dokumentasi : Pak Broto, dan Keamanan : di bawah komando pak Wijoyo Kartiko. Memiliki tujuan untuk memberikan penyegaran informasi pendidikan dan motivasi kerja, Meningkatkan kompetensi dalam mengelola kegiatan sekolah, Memahami Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) serta meningkatkan motivasi dan kinerja guru dan kariyawan SMP Negeri 8 Magelang dalam menjalankan tugas, berdasar pada 1. UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional, 2 PP No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan 3. RKA SMP Negeri 8 Magelang tahun 2011/2012.

Selamat pagi Brayut, wah semangatnya !!! padahal semalam kegiatan sampai pukul 00.00 ngapa aja si tadi malam? Kok ampe larut gitu ? oh ternyata dalam api unggun banyak pentas setelah menikmati suguhan makan malam Kenduri.  Diantara ada yang mentasin Drama Ande-ande lumut dengan dalang Ki Drs. Sukamto, wah bagus lho…kyak nonton OVJ aja…! Dan ditutup dengan renungan malam bersama Master Surono dkk.  Hassyek….yang tadi pegel-pegel, sering sakit, suka marah, suka ngeluh. HILANG !
Makanya pagi ini ada bersepesa ontel ria….., sumuk ! wah panitia ni…tau aja pengen yang seger…. Peserta di ceburin ke kolam ikan….! Selain seger dapat ikan 7 kilo. Wah lumayan bisa untuk makan siang.



Seusai mandi dan make Up, wah asyek..poto-poto! Ada pengumuman untuk mengikuti serangkean kegiatan lomba pesert  IHT antar RT, lomba tersebut antara lain : Bola Voli ( Mbat-mbatan ), Go back to door ( diplesetin grobak sodor ), Kaki seribu ( Teklek ), Sandal Batok untuk Ibu-ibu dan Egrang, dan Holahob  mrambat. Suasana makin meriah dengan iringan hiburan Organ Tunggal dengan Player Pak Yuli dan Biduan Lokal ( Mbak Alfi dkk) nyanyi sak kecekeli….hehehe….

Capek….! Saatnya ISHOMA! Makan siang telah terhidang di sebelah Joglo I, wah ikan yang tadi di tangkap udah matang! Ayo makan bersama! Baru 15 kemudian Sholat Duhur berjam’ah di Masjid. Sepulang dari masjib, langsung cek out dari Home Stay. Dan mengikuti Sesi Terakhir PENUTUPAN pada pukul 13.00!

Kepuasan, dan suasana baru menyelimuti setiap peserta, sebelum masuk mobil untuk pulang pun, masih menyempatkan diri untuk foto bersama-sama, katanya untuk kenang-kenangan…

Ya… Semangat dan Kesuksesan semoga selalu menyertai kita…..  Selamat buat RT yang menjadi Juara…
Pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.


Oleh : Paroji, 19 Maret 2012.

1 Komentar

  1. Lihat fotonya di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.384878098221079.87362.100000966771115&type=1#!/media/set/edit/a.384878098221079.87362.100000966771115/

    BalasHapus