Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2018

SPENAPAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2018BERSERAGAM BATIK IDENTITAS

Bapak Agus Setya Kristyanto, S.Pd.,M.Pd saat memberikan Amanat pembina Upacara


Spenapan News.com Hari Jum’at 1 Juni 2018 adalah hari yang istimewa dimana umat Muslim sedang menjalankan Ibadah puasa seluruh Indonesa menyelenggarakan Upacara  Bendera dalam rangka Memperingati Hari Lahirnya Pancasila sebaga Indeologi Bangsa dan Asas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Khususnya di SMP Negeri 8 Magelang Upacara di gelar mulai pukul 08.00 WIB dan peserta upacara berseragam Batik Identitas Muslim di Sekolah. Hal tersebut karena hari ini bertepatan dengan program sekolah tentang Kegiatan Ramadhan yaitu Pesantren Ramadhan tahun 1439 H.
Bapak Agus Setya Kristiyanto,S.Pd.,M.Pd selaku Pembina Upacara menyampaikan hal tersebut dan beberapa motivasi terkait tema Hari Lahir Pancasila yaitu BERSATU | BERBAGI | BERPRESTASI. Dalam sambutannya yang penuh hikmah dan semangat Bapak Guru Bahasa Inggris tersebutt menguraikan tema,  3 hal penting kepada siswa / peserta upacara :

BERSATU adalah kunci pokok dalam membangun bangsa ini, agar bangsa ini terus meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyatnya. Jika bangsa ini tidak bersatu jika bangsa ini terpecah-pecah karena perbedaan suku, perbedaan agama, dan terpecah karena perbedaan-perbedaan budaya maka bangsa ini tidak bisa melanjutkan  perjuangan para leluhur kita, oleh karena itu menjadi hal penting dan mendasar bagi kita adalah membangun Persatuan.  Disinilah ada toleransi, disinilah ada saling menghargai, disinilah ada saling membangun bahu membahu untuk membantu bangsa ini menjadi bangsa yang besar.

BERBAGI adalah bagian dari pengembangan karakter yang penting bagi bangsa ini, kita tidak hanya menjadi orang yang membela kepentingan diri sendiri,  kita tidak mementingkan kelompok kita sendiri, kita tidak mementingkan keluarga sendiri , tetapi kita boleh melihat yang lain kita saling berbagi, saling menguatkan, saling menumbuhkan, saling membantu, untuk bersama-sama menjadi pribadi yang luar biasa. Inilah pengembangan karakter bagi para siswa sudah dibangun bagaimana, kalian belajar untuk berbagi melalui hal-hal sederhana , kegiatan-kegiatan sosial yang dibangun dan disinilah di sekolah kita menjadi pribadi-pribadi yang belajar untuk berbagi dan berbela rasa satu dengan yang lain.

BERPRESTASI itu adalah kunci pokok bagi kita, sebagai generasi muda kita harus memiliki misi budaya mutu. Artinya bahwa kita harus terus berprestasi meraih yang terbaik, dengan cara yang terbaik. Dengan demikian kita akan menjadi generasi –generasi muda yang siap bersaing di kancah Nasional maupun kancah Internasional, menjadi bangsa yang besar bangsa yang terus memiliki keinginan untuk maju dan berkembang. Oleh  karena itu, Ir. Soekarno mengatakan “ beri saya 10 pemuda maka akan ku guncang dunia “ 10 pemuda yang memiliki prestasi akan mampu menyatakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang luar biasa.

Oleh karena itu dengan adanya Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2018 ini, di Upacara ini kita mulai niatkan sikap kita untuk BERSATU, UNTUK BERBAGI DAN UNTUK BERPRESTASI  dari sekarang dan sampai kapan pun menjadi prinsip dasar dalam membangun kehidupan kita .
Demikian inti sari dari Sambutan Pembina Upacara yang penuh semangat berapi-api hikmad dan penuh perhatian.

Bertidak sebagai petugas upacara adalah TIM GARUDA – PASPARA SPENAPAN di bawah bimbingan Kak. Tugiyono.  Ya
ng tugas langsung tanpa latihan. Karena dalam suasan bulan Puasa dan Sekolah sedang ada Kegiatan Ramadhan.

TIM PASPARA saat mengibarkan bendera merah putih

Namun demikian berdasarkan Pantauan Reporter, Upacara berjalan lancar, hikmad tanpa ada kesalahan satupun. MESKI dalam pertengahan sambutan pembina upacara di kagetkan dengan Ledakan PETASAN di luar gerbang sekolah samping Lapangan Upacara. 

Suasana Khidmat Upacara 
Reporter : Pakmaz 421