Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

REMAJA MASJID AL HIDAYAH SMP 8 MEMBAGIKAN ZAKAT FITRAH

ZAKAT FITRAH KELUARGA BESAR SMP NEGERI 8 MAGELANG SUDAH TERSALURKAN

Amil Zakat/Remaja Masjid Al Hidayah SMP Negeri 8 Magelang sedang melakukan Packing Beras untuk di bagikan
kepada Mustakhiq Zakat Fitrah, Sabtu, 11 Juni 2018 

MASJID AL HIDAYAH News.Com Dalam rangka melaksanakan rukun Islam yang ke 4, yaitu menunaikan/membayar Zakat, Siswa - siswi  Muslim SMP Negeri 8 Magelang sejak dini diajarkan baik secara teori di kelas maupun Praktek Langsung. Khususnya Zakat Fitrah yang di wajibkan kepada seluruh Muslim laki-laki dan Muslimah perempuan yang di yakini hidup pada saat Idul Fitri tiba. Pada bulan Ramadhan ini ( 1439 H ) Organisasi Intra Sekolah ( OSIS ) SMP Negeri 8 Magelang Periode 2017/2018 membentuk panita zakat fitrah, yang akan menampung dan membagikannya kembali kepada yang berhak menerima. Adapun Panitia pelaksanaanya di tangani oleh Seksi Bidang Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam hal ini menunjuk Ramaja Masjid Al Hidayah sebagai pelaksana lapangan. Berdasarkan keterangan Koordinator sekaligus pembina Panitia/Amil Zakar Fitrah SMP Negeri 8 Magelang Bapak Muhammad Faro'id, BA, pelaksanaan pengumpulan sudah dilakukan selama satu pekan sejak tanggal 4 hingga 9 Juni 2018 yang lalu. Adapun Pembagian Zakat sudah dilaksanakan kemarin Senin 11 Juni 2018 kepada Siswa-siswi yang kurang mampu, Masyarakat sekitar, TPQ dan Pondok Pesantren di Kota Magelang. 

" Zakat fitrah dikumpulkan selama 1 minggu, tanggal 6 sampai 9 juni 2018 kemarin " katanya saat ditemui siang ini di Pendopo sekolah. 

" Untuk pembagiannya sudah selesai, sebagian besar kembali kepada siswa-siswi ( SMP8 ) yang kurang mampu, baru sisanya di bagikan kepada Masyarakat sekitar Sekolah, antara lain kita titipkan kepada Panitia Masjid At Taqwa Tidarsari, Mushola Al Barokah Sub Inti, Masjid Baitussomad Karang Gading, Masjid Miaftakhussa'adah Karang Kidul, Masjid At Taqwa Malangan, Mushola Nailul Muna Ngerilan Tidarsari dan ada yang melalui ketua RT yaitu RT 1 dan 2 RW 13 Kampung Malangan, karena berdekatan langsung dengan lingkungan sekolah, kemudian ke TPQ Masjid Jami' Karang Kidul, Pondok Tidar dan Pondok Nepak " Pak Faro'id menguraikan. 

Guru IPS yang juga sering menjadi Khotib Sholat Jum'at Masjid AL HIDAYAH SMP Negeri 8 Magelang tersebut menyampaikan bahwa hampir 3 tahun ini pemasukan mengalami penurunan, di karenakan bertepatan dengan pergantian tahun pelajaran. 

" Hampir 3 tahun ini pemasukan zakat fitrah ada penurunan, karena berbarengan dengan pergantian tahun pelajaran, kalo gak tanpa kelas 7 ya tanpa kelas 9, tahun ini tanpa kelas 9 jadi hanya 2 angkatan saja yang membayarkan zakat melalui Amil Sekolah, Ada sedikit ya kita bagi sedikit ada banyak ya kita bagikan banyak yang penting merata " Pungkasnya tegas. 

Bapak Imam Baihaqi, Kepala SMP Negeri 8 Magelang
Menyerahkan Zakat Fitrah secara simbolis
Kepada Masyarakat di depan Masjid Al Hidayah
Senin, 11 Juni 2018 
Sementara itu Sekretaris Amil Zakat Fitrah SMP Negeri 8 Magelang 2018, Maulana Choirul Aziz memberikan data zakat fitrah yang di peroleh dan sudah dibagikan adalah berjumlah 420 paket + masing-masing paket seberat 2.6 kg. dari jumlah tersebut di bagikan kepada siswa-siswi dan karyawan sebanyak 120 paket dan sisanya kepada masyarakat sekitar, TPQ dan pondok pesantren. Jumlahnya beragam ada yang 25, 30, 40 dan 50 paket ada juga yang hanya 10 paket dan 15 paket sedangkan untuk Amil 20 paket. (421)








Amil Zakat Fitrah Spenapan berpose di depan Ponpes Tidar Magelang seusai menyerahkan Zakat

Penyerahan Zakat Fitrah secara simbolis kepada pengurus Ponpes Al Huda Nepak

Panitia Berfoto bersama pengasuh TPQ Masjid Jami' Karang Kidul, Ustadz Abdul Ghofur, S.Pd.I,
Seusai menyerahkan Zakat Fitrah, Senin 11 Juni 2018

Pembukaan Pembagian Zakat Fitrah yang disaksikan oleh Orang Tua Siswa, Sabtu, 9 Juni 2018
Foto : oleh Ustadz Aziz.
Reporter : Pakmaz