Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

PRAMUKA MENCETAK CALON PEMIMPIN BANGSA




Kak Paroji ( Pakmaz ) Saat memberikan Materi, Manajemen Pramuka di MPLS Siswa baru Kelas 7 SMP 8
Kamis, 19 Juli 2018 di Aula Sekolah. 

PRAMUKA, SPENAPAN NEWS.COM Pramuka mencetak calon pemimpin bangsa. Kata Kak Paroji Pembina Pramuka Gugus Depan 01.140-141. S SMP Negeri 8 Magelang kepada Peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Siswa baru Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018/2019. Kakak Pembina yang juga mantan Ketua OSIS Periode 1999/2000 sekolah tersebut berbicara dalam rangka pengenalan Ekstrakurikuler Pramuka ( Wajib ) kepada Peserta Didik Baru.

“ Pramuka mencetak calon pemimpin bangsa “ Kata Kak Paroji yang akrab di sapa Pakmaz kepada siswa siswi baru kelas 7 SMP Negeri 8 Magelang, dalam acara Sehari Bersama Pramuka MPLS Tahun 2018/2019. 

Dalam sesi pembetukan Regu tersebut Pakmaz juga menyampaikan akan pentingnya bertoleransi, dan Pramuka adalah satu-satunya Organisasi yang anggota sangat majemuk. Pramuka hidup bersama semua unsur, tidak pernah membedakan dari mana asalnya. Apapun sukunya, apapun agamanya, dari manapun asalnya bisa bergabung dengan pramuka. Yang kemudian di sajikan dalam sebuah lagu tanpa judul yang syairnya kurang lebih seperti ini :

-          Dari Segala penjuru kita Pramuka bertemu
-          Dari macam-macam suku, kami pramuka bersatu
-          Oaiya ya ya
-          Oaiye ye ye
-          Oaiya wa iyo.
( 2x )

Kak Paroji, mengajak Peserta MPLS Bernyanyi  

Yang dinyanyikan berulang 2 kali dengan kalimat terakhir nadanya menurun.
Pada kesempatan tersebut kak Paroji mengajak  Siswa siswi sebagai generasi muda juga diharapkan mampu berperan dan ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah dalam berbagai bidang serta bersinergi dengan masyarakat untuk bahu membahu berbuat kebaikan dalam segala hal sesuai kemampuannya.

Adik – adik sebagai generasi muda mari saya mengajak untuk dapat berperan dan ikut serta dalam menyukseskan program-program pemerintah dalam berbagai bidang, bersinergi dengan masyarakat untuk bahu membahu berbuat kebaikan dalam apa saja. Sebagai pelajar, Belajar adalah tugas pokonya. Di masyarakat sudah ada jam belajar mari kita manfaatkan, jangan sampai terlena dengan teknologi, saatnya belajar ya belajar, jangan palah WA-nan yang tidak berarti “ Ajak Kak Paroji yang masih aktif sebagai Sekretaris Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Mertoyudan tersebut, yang di sambut tawa oleh peserta MPLS karena menyebut WA-nan.

Dalam kesempatan tersebut pakmaz mengenalkan jenis-jenis Upacara dalam Penggalang, dan Manajemen Pramuka.

Di akhir sesi, di hasilkan 23 Regu. Yang terdiri dari putra 9 regu dan putri 14 regu, masing-masing beranggotakan 8 sampai dengan 10 orang.

Sebelumnya sudah diberikan banyak materi dari Pembina Pramuka Gugus Depan 01.140-141. S SMP Negeri 8 Magelang antara lain :
  •      Tata tertib Pramuka oleh Kak Aziz
  •       Adat Istiadat Pramuka Spenapan oleh Kak Ani
  •        Lagu-lagu Pramuka oleh Kak Subardi
  •        Kegiatan-kegiatan Pramuka oleh Kak Kariyono
  •        Baris-berbaris oleh Kak Tugik.

Galery Sehari MPLS Bersama Pramuka, Kamis 19 Juli 2018 
Kak Aziz, saat memberikan materi Tata Tertib dai Pramuka, MPLS 2018

Kak Subardi, Saat Memberikan Materi, Lagu-lagu dan Tanda Pengenal Pramuka

Materi Adat-istiadat Pramuka oleh Kak Any. 

Acara Sehari bersama Pramuka yang di pandu oleh Kak Tugiyono, S.Komp tersebut berakhir setelah Bell Istirahat ke 2 Berbunyi dan dilanjutkan Informas-informasi terkait kegiatan pada hari besok, Jum’at 20 Juli 2018 serta kemudian Sholat Jama’ah Dhuhur. (421)

Reporter : 421
Foto oleh : Kak Tugik