Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

BANYAK DIDAPATI SISWA GEMUK, DOKTER MENYARANKAN SISWA SPENAPAN MENGATUR POLA MAKAN DAN KONSULTASI GIZI

Penjaringan kesehatan bagi siswa baru dari Puskesmas Magelang selatan, Siswa SMP Negeri 8 Magelang diharapkan dapat menjaga kesehatan secara mandiri. 

dr. Novi Ahyani sedang melakukan pemeriksaan kepada Siswa keals VII SMP Negeri 8 Magelang,
senin 10 September 2018.
UKS, SPENAPAN NEWS.COM Senin 10 September 2018 pagi TIM Medis dari Puskesmas Magelang selatan yang berada tidak jauh dari SMP Negeri 8 Magelang melakukan kegiatan Penjaringan Kesehatan kepada Siswa-siswi Kelas SMP Negeri 8 Magelang, hal tersebut dimaksudkan mentuk mendeteksi lebih dini terkait kesehatan calon generasi bangsa ini, selain itu juga dalam rangka memberikan edukasi agar para siswa dapat menjaga kesehatan secara mandiri setelah mengetahui kondisi kesehatannya. 
Hal tersebut disampaikan oleh penanggungjawab program Penjaringan Kesehatan bagi pelajar Ibu  Liyana Kunari, Perawat Puskesmas Magelang selatan pada saat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan awal kepada Siswa kelas VII baru SMP Negeri 8 Magelang, pagi ini senin 10 September 2018 setelah selasai Upacara Bendera Hari Senin. 

" Program ini dilaksanakan setahun sekali, setiap ada siswa baru tiap tahunya ya, tujuannya kita untuk pemeriksaan kesehatan, yang kedua untuk mengetahui kondisi siswa misalna ada gigi yang berlobang, si anak mengetahui lebih dini selama pemeriksaan, karena dia SMP kita harapkan bisa memelihara kesehatan sendiri " Jelas bu Yana di sela-sela pemeriksaan Gigi, kepada siswa kelas 7 pada senin ( 10/9) di UKS SMP Negeri 8 Magelang. 

Bu Yana juga menguraikan tentang pemeriksaan yang dilakukan yaitu meliputi, Pemeriksaan Gigi, Mulut,  Mata, Telinga dan gizi. 

" Untuk pemeriksaan yang di lakukan meliputi gigi, mulut, mata, telinga dan gizi " imbuhnya. 

Siswa sedang di periksa giginya

Sementara itu dari hasil  dari pemeriksaan yang dilakukan Ibu dr. Novi Ahyani, di dapati secara umum siswa dalam kondisi sehat, hanya sebagian banyak didapati siswa yang gemuk, sehingga  umum pada Puskesma Magelang Selatan tersebut menyarankan agar siswa lebih sehat untuk seluruhnya menjaga berat badan dengan cara mengatur  pola makan dan melakukan konsultasi Gizi kepada dokter spesialis gigi yang ada di Puskesmas terdekat. 

" Berdasarkan pemeriksaan kami selama ini secara umum si siswa dalam kondisi sehat, hanya di dapati siswa-siswi yang kegemukan, sehingga kami sarankan untuk mengatur pola makan dan kami sarankan berkonsultasi kepada tim gizi kami, kalo yang kurus sampai saat ini belum ada, justru kebanyakan kegemukan " kata dokter umum Puskesma Magelang Selatan dr. Novi Ahyani kepada Spenapan News.com setelah memeriksa seluruh siswa kelas 7D. 

Terpisah Spenapan News.com sempat mewancarai salah satu siswa kelas VII C, Zakka Rayhan mengaku bahwa dirinya telah di periksa oleh dr. yang sedang melakukan penjaringan kesehatan. 
dan baru sekali periksa ke Puskesmas saat sakit tipus. 

" Ya.. yang diperiksa Gigi, mulut - alhamdulillah sehat, pernah ke puskesmas dulu saat sakit tipus " aku siswa yang mempunyai badan cukup altletis tersebut kepada blogger. 

Di akhir kesempatan Blogger juga ketemu dengan KARU UKS Ibu Iin Irawati, S.Pd, dan menyampaikan sangat senang dengan adanya program dari Puskesmas tersebut sehingga di pastikan siswa dalam kondisi siap dan sehat saat mengikuti kegiatan Belajar. 

" Mewakili sekolah sangat terbantu sekali ya dengan kegiatan Penjaringan Kesehatan ini, dengan kegaitan pemeriksaan kesehatan sehinngga dapat membantu memastikan siswa dalam kondisi sehat saat mengikuti pelajaran di kelas " Tutur bu Guru IPA tersebut. 

" Saya selaku Kapala Ruang UKS, ya cuma membantu mempersiapkan tempat dan mobilitas pemeriksaan sesuai arahan dari bapak Imam ( Kepsek). Pungkasnya. 421. 

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421