Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

RAPAT PLENO SMP NEGERI 8 MAGELANG DENGAN ORANG TUA SISWA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

PERAN SERTA ORANG TUA TERMASUK HAL UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN

Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd Kepala SMP Negeri 8 Magelang, saat memberikan kebijakan sekolah terkait program Pendidikan pada Rapat Pleno Orang Tua Siswa Kelas VII dan IX SMP Negeri 8 Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019
Sabtu, 29 September 2018 di Aula pagi.
MUSYAWARAH, SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka meningkatkan Prestasi Siswa-siswi SMP Negeri 8 Magelang, sekolah mengundang para Orang Tua atau Wali siswa dalam acara Rapat Pleno Orang Tua Siswa Kelas VII dan IX dengan SMP Negeri 8 Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Sabtu 29 September 2018. Kegiatan yang sudah mendapatkan Restu dari Komite Sekolah tersebut di antaranya membahas tentang hal yang berkaitan dengan peserta didik khususnya kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional dan tentang penegakan tata tertib sekolah bagi kelas VII.

Bapak Imam Baihaqi, S.Pd.I M.Pd Kepala SMP Negeri 8 Magelang menyampaikan kepada Spenapan News.Com bahwa Rapat Pleno dalam rangka memberikan gambaran dan permohonan dukungan orang tua agar prestasi meningkat dan nilai Ujian Nasional lebih baik.

" Rapat Pleno, berkaitan dengan kepentingan anak kelas IX, agar nilai Ujian Nasional tidak menurun - lebih baiklah, agar lebih baik tahun depan " kata pak Imam kepada Spenapan News.Com usai memberikan arahan Rapat Pleno Orang Tua Siswa Kelas IX dengan SMP Negeri 8 Magelang yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 8 Magelang pada Sabtu (29/09) pagi.

Didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana bapak Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa kegiatan Rapat Pleno ini dilaksanakan 2 tahab, yang pertama dengan kelas IX dan yang ke dua dengan kelas VII dengan jeda 60 menit setelah kelas IX selesai. Sementara bagi kelas 8 ada kegiatan pembagian Hasil Penilaian Tengah Semester yang diterimakan langsung oleh Orang tua siswa dari Wali kelas masing-masing sejak pagi.

Lebih lanjut terkait dengan kelas Rapat Pleno Kelas VII Bapak Imam menyampaikan tentang penegakan Tata Tertib Sekolah dan Penjelasan Kriteria Kenaikan.

" ( Rapat Pleno ) dengan kelas 7 berkaitan dengan tata tertib sekolah dan kriteria kenaikan "   
Lanjutnya.

SEKOLAH MENYERAHKAN KEPADA PERWAKILAN ORANG TUA TERKAIT SUMBANGAN
Tentang kesepakatan Hasil Rapat Pleno, Kepala SMP Negeri 8 Magelang menyerahkan sepenuhnya kepada Orang tua siswa.

" Kesepakatan kalo misalnya ada sumbangan kita serahkan ke orang tua, kalo mau menyumbang silahkan, kita tidak berhak mengatur secara khusus, karena tidak boleh to menarik, tapi kalo ada sumbangan ya nanti melalui Komite Sekolah melalui perwakilan orang tua itu " Jelas pak Imam. 

Terpisah Bapak Ashofani Nashiruddin Wahab, S.Pd, M.Pd Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menegaskan bahwa kemajuan pendidikan tidak bisa terlepas dari peran serta orang tua, orang tua harus peduli terhadap kemajuan anak-anaknya, mengetahui apa yang di butuhkan baik secara individu maupun fasilitas yang ada di tempat pendidikan. 

Pak Nas sedang presentasi tentang Kreteria Kelulusan dan Perilaku Siswa jelang Ujian.
" (Demi) Kemajuan pendidikan kan termasuk, (peran) Orang tua dan masyarakat, Kepedulian-(nya), orang tua kan juga ikut, ikuutt membantu dari sisi pemikiran, membantu dari sisi lain-lain, sekolah tidak mungkin sekedar dari pemikiran (guru) tok, (yang) namanya sarana dan prasarana kan ndak mungkin langsung di penuhi sekolah, orang tua kan juga perlu membantu, makanya kan - rapat itu di hasilkan bantuan dari orang tua agar sekolah bisa berjalan dengan maksimal -  tanpa bantuan orang tua kan mesti (sekolah) "tengel-tengel" padahal kondisi sekolah Negeri kan rata-rata  "tengel-tengel " (kalo tidak ada bantuan dari pemerintah selama di butuhkan)  Ucap Guru Bahasa Indonesai yang akrab kita sapa Pak Nas, saat jeda - sebelum acara Rapat Pleno Orang Tua Siswa kelas VII dengan SMP Negeri 8 Magelang di mulai, Sabtu, 29 September 2018 siang di tempat yang sama. 

Sementara itu salah satu peserta rapat Pleno Bapak Ishaq Orang tua siswa dari salah satu peserta didik kelas 7G,  membenarkan bahwa rapat pleno membahas tentang, Peningkatan mutu pendidikan, tata tertib sekolah dan tentang sumbangsih orang tua untuk sekolah. 

" Ya tadi membahas masalah Pelajaran, kemudian Tata Tertib dan yang sesi yang ketiga sesi Bapak Kepala Sekolah tadi ya, masalah sumbangsih orang tua untuk membantu pembanganunan sarana dan prasarana " Kata pak Ishak. 

Pak Ishak secara pribadi, akan membantu dan setuju asalkan sesuai kemampuan, akan tetapi semua harus di rapatkan bersama orang tua siswa yang lain. 

" Ya.. tadi kan Pak Kepala Sekolah menyampaikan tentang program tentang pembangunan, kalo tentang setuju atau tidak soal sumbangsih pembangunan itu yaa.. kurang tau ya nanti kan banyak orang, wali siswa sini ya? jadi tidak bisa sepihak saya bilang bahwa orang tua sejutu, tapi tapi saya pribadi mendukung dan setuju dengan pembangunan itu, dan kita akan membantu asalkan sesuai kemampuan - pasti kita akan membantu sebagai wujud kepedulian kami kita tunggu saja rapat berikutnya dengan Komite " Pungkasnya. 



Registrasi


Penyampaian Tata Tertib siswa oleh Wakasek Kesiswaan Ibu Pribadi Andayani, S.Pd

Pembukaan Acara Oleh MC : Bapak Drs. Wasiyanta Bambang N, 

Interaksi Rapat Pleno

Suasana Rapat Pleno Kelas VII 

Termin Tanya Jawab

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : Pakmaz 421