Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

SISWA SPENAPAN MENDAPATKAN PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN NAPZA DARI PUSKESMAS

Ibu Liana Kunari saat memberikan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Napza
kepada Siswa kelas 7 SMP Negeri 8 Magelang, Selasa 25 September 2018

KERJA SAMA, SPENAPAN NEWS.COM Puskemas Magelang Selatan Kota Magelang bekerja sama dengan SMP Negeri 8 Magelang mengadakan kegiatan Penyuluhan Tentang Kesehatan Reproduksi dan Napza selama tiga hari, mulai hari selasa 25 September 2018 hingga kamis 27 September 2018. Masing - masing selama 60 menit perhari untuk satu tingkat/kelas. Pada hari ini Selasa 25 September 2018 telah di buka sesi pertama untuk kelas 7. Menurut Ibu Liana Kunari, yang bertugas untuk memberikan materi pada hari pertama ini menuturkan kepada Spenapan. News.Com sesaat sebelum acara dimulai bahwa kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi ini bertujuan untuk memberikan pengetahun tentang Alat-alat Reproduksi dan kesehatannya. Bagi siswa yang mulai menginjak dewasa biasanya malu-malu dan sering di katakan saru, padahal sebenarnya harus tahu. 

" Iya, saru tapi harus tahu, agar dapat menjaga kesuciannya dan kesehatanya lebih dini " Kata Bu Liana sesaat sebelum acara di mulai. 

Dalam menyampaikan materinya, Perawat Puskesmas Magelang selatan tersebut menyampaikan mengenai kesehatan Reproduksi Remaja. Bahwa dalam ilmu kesehatan seorang wanita menikah di bawah umur 20 tahun dapat memicu terjadinya kanker rahim karena alat reproduksinya belum matang atau tumbuh sempurna sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin apabila hamil. Selain itu dapat menimbulkan terjadinya KDRT ( Kekerasan dalam rumah tangga ) dan terjadinya perceraian karena pikiran dan emosinya belum stabil.

Di akhir paparannya bu Liana menekankan bahwa Nakotika selain berbahaya juga mempunyai manfaat. Manfat tersebut biasanya digunakan dalam praktek kedokteran dan dalam dosis yang terukur sehingga benar-benar berguna bagi kehidupan.

" Sebenernya Narkotika itu selain berbahaya juga bermanfaat, misalnya dalam pengobatan sakit gigi yang di lakukan oleh medis, biasanya menggunakan narkotika tetapi dengan dosis yang terukur, yang di larang adalah ketika narkotika sudah di salah gunakan, sehingga keberadaannya membahayakan diri kita sendiri, orang lain dan generasi bangsa. Jadi adik-adik setelah mengetahaui jenis, manfaat dan bahaya narkotika jangan coba-coba, karena dapat merugikan adik-adik sendiri dan membuat malu keluarga tentunya " Tandasnya .

Tanya jawab Kesehatan Reproduksi dan Napza, yang di pandu oleh Perawat Puskesmas Magelang Selatan,
Widiyatmoko - Kamis, 27 September 2018


Kegiatan ditutup setelah termin tanya jawab yang di pandu oleh Widiyatmoko yang juga Perawat di Puskesmas Magelang selatan.

Salah satu Siswi kelas 8, bertanya terkait kesehatan Reproduksi. 

Reporter : Pakmaz Paroji