Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

TATA KRAMA, ETIKA DAN SOPAN SANTUN DI AJARKAN MELALUI KEGIATAN KE-PUTRI-AN

KE-PUTRI-AN KEGIATAN BAGI SISWA PUTRI SETIAP HARI JUM'AT DENGAN MATERI YANG BERVARIASI.

Siswi putri kelas 8 sedang memperhatika materi Keputrian yang di sampaikan oleh Ibu Uswatun Khasanah, S.Pd,
Jum'at 14 September 2018

PENDIDIKAN AKHLAK, SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka menanamkan Tata Krama dan Sopan Santun dalam berkehidupan baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat Siswi Putri SMP Negeri 8 Magelang menggelar Program Tambahan yaitu Keputrian. Program Kegiatan Keputrian adalah kegiatan khusus bagi Siswi Putri SMP Negeri 8 Magelang, di mana pelaksanaannya bergilir antara kelas 7, 8 dan 9. Menurut keterangan dari Koordinator Kegiatan Keputrian Ibu Etty Harwati, S.Pd, Kegiatan Keputrian di laksanakan setiap hari Jum'at setelah kegiatan Belajar Mengajar selesai, sementara siswa Putra sedang melaksanakan Sholat Jum'at sehingga jam pulang siswa tetap bersamaan. 

" Kegiatan Keputrian bergilir, untuk siswi kelas 7 pada jum'at pertama, kelas 8 pada jum'at ke dua dan kelas 9 pada jum'at ke tiga, jum'at ke 4 bersifat opsional, yaitu secara keseluruhan atau kosong " Jelas bu Etty saat di temui Spenapan News.com di sela-sela kegiatan. 

" Pada kesempatan ini siswi di ajarkan bertata krama, yaitu harus sopan terhadap teman, guru, orang tua dan siapapun, untuk setiap kesempatan materi bervariasi dan dengan nara sumber yang berbeda-beda pula " Terang guru Matematika kelas 8 tersebut selaku koordinator kegiatan. 

Adapun berdasarkan pantaun blogger di tempat, Materi Akhlak dan Tata Krama pada Jum'at 14 September 2018 siang ini di isi oleh Ibu Uswatun Khasanah, S.Pd, sesuai namanya Contoh yang baik. Ibu Uswatun menyampaikan bagaimana cara bertata krama dan sopan santun. Dalam hal kecil sekalipun misalnya yang di sampaikan dalam bahasa inggris, meskipun kita menggunakan kalimat perintah tambahlah dengan kata " Please / Tolong ". 

" Walaupun sebenarnya kita punya wewenang untuk memberikan perintah, alahkan baiknya bila ada kata Please - tolong, walau sebenarnya ya kita benar-benar memerintah, ini adalah contoh kecil dari akhlak, selalu berhati-hati dan sopan" kata bu Uswatun mencontohkan saat memberikan Materi Keputrian siang ini. 

Terpisah blogger memastikan bahwa materi materi yang sampaikan sampai kepada kepada para siswi atau tidak, sempat mewancarai Naswa kelas 8 F. menurut Naswa kegaitan ini sangat bermanfaat baginya dan bisa menambah pengetahuannya, sehingga mantap berbuat sesuatu. 

" Ya senang, bisa menambah pengetahuan saya, tadi materi perilaku, etika pergaulan - tata krama, dan sopan santun " Ujar Naswa

Naswa juga mengaku bahwa dia sudah dua kali di kelas 8 ini mengikuti kegiatan keputrian dengan materi yang berbeda. . 

" Iya sudah 2 kali, untuk yang pertama materi tentang bagaimana cara mengatasi saat menstruasi, udah ya, saya keburu jajan, dadah pak terima kasih " Kata Naswa yang buru-buru mau jajan karena pedagangnya keburu habis, atau keburu pergi... hehehe.. Terima kasih ya Nazwa, udah memberikan informasi.. 



Suasana Kegiatan Keputrian, Jum'at 14 September 2018, di Aula SMP Negeri 8 Magelang

Repoter dan Foto : Pakmaz Paroji