Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

LDKS, PENGURUS OSIS DILATIH FOKUS

EKSKLUSIF : OLEH PAKMAZ PAROJI

KEGIATAN LATIHAN DASAR KEMEPIMPINAN SISWA (OSIS) SMP NEGERI 8 MAGELANG 2018/2019 SUKSES DILAKSANAKAN DI DESA WISATA DJOWAHAN.

Latihan Fokus dengan Permainan, LDKS OSIS SMP Negeri 8 Magelang Tahun Periode 2018/2019 di Omah Mbudur, Njowahan Borobudur, Minggu 7 Oktober 2018
KEGIATAN SISWA, SPENAPAN NEWS.COM Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) OSIS SMP Negeri 8 Magelang Masa Bhakti 2018/2019 sukses di laksanakan pada Sabtu hingga minggu, 6 - 7 Oktober 2018 di Lidiah Art Desa Wisata Djowahan Borobudur Kabupaten Magelang. LDKS yang diampu langsung oleh Trainer dari desa setempat diikuti oleh sedikitnya 24 siswa kelas 7 dan 8 calon Pengurus OSIS Periode 2018/2019. Empat di antaranya adalah Paslon Terpilih Najwa - Elang dan Paslon Jingga - Afrila yang berkompetisi dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 8 Magelang 2018/2019 yang diselenggarakan pada jum'at 5 Oktober 2018 lalu. 

Berdasarkan pantauan Spenapan News.Com di lokasi, Rombongan berangkat menggunakan 3 minibus dan 1 mobil. Tepat pada pukul 15.00 WIB rombongan sampai di Pusat kerajinan dan Kesenian Lidiah Art Djowahan Borobudur, tempat LDKS dilaksanakan. Setelah menurunkan barang-barang milik pribadi maupun logistik kegiatan, rombongan menuju pendopo dan menikmati Teh panas yang disediakan oleh pihak Lidiah Art. Beberapa menit kemudian ada panggilan kepada peserta LDKS untuk berkumpul di depan sumber suara di bunyikan, yaitu sebuah pelataran yang indah, di depan sebuah gubuk kecil yang di kelilingi tembok batu-bata yang terkesan alami ke-kuno-an penuh makna. Di tempat inilah peserta LDKS menerima materi yang pertama yaitu orientasi atau perkenalan dengan alam yang di ampu langsung oleh pemilik dan pengembang Lidiah Art familiarnya kita panggil pak Nur. 

Dalam paparannya pak Nur menyampaikan banyak hal untuk memoivasi siswa - siswi peserta LDKS, diantaranya adalah bagaimana cara menghargai alam, bersatu dengan alam - baik yang alami maupun buatan, bagaimana cara melaksanakan ajaran para leluhur yang adiluhung. Melatih kreativitas kerajinan Serta inspirasi-inspirasi menuju kesuksesan dan meraih kebahagiaan.

Peserta LDKS sedang memperhatihan materi dari Pak Nur. 
" Ada tertulis dalam ajaran budi pekerti leluhur kita, Barang siapa mau berfikir kesenangan orang lain, dia pasti akan dapat senang lebih dulu " Tutur pak Nur saat berbicara di depan peserta LDKS dengan penampilan yang sangat sederhana namun begitu dalam maknanya. 

Pak Nur barharap para siswa dapat mengambil peluang-peluang yang ada. Apa yang menjadi permintaan masyarakat dipenuhi. Selanjutnya sesi berakhir dengan praktek membuat kaligrafi dan relief dari Gipsum.  

Pelatihan Kerajinan Peserta LDKS
Kegiatan sesi pertama berlangsung kurang lebih 90 menit, hingga datang waktu istirahat, membersihan diri kemudian sholat asar berjam'ah. 

Bapak Ibu Pendamping mempersiapkan Tenda sebagai tempat bermalam peserta LDKS 2018.

Pembukaan oleh Kepala SMP Negeri 8 Magelang, dilaksanakan setelah sholat magrib berjama'ah hingga datang sholat isyak dan Makan malam. 

Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd sedang memberikan sambutan saat pembukaan kegiatan
LDKS OSIS SMP Negeri 8 Magelang, Sabtu 6 Oktober 2018 di Djowahan.

Dalam sambutanya Kepala SMP Negeri 8 Magelang, Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd menyampaikan kebijakan sekolah dan menganjurkan kepada siswa-siswi yang terpilih menjadi Pengurus OSIS agar fokus, selalui disiplin dan dapat berkomunikasi dengan baik. 

" Sekolah memberikan kebijakan larangan bagi siswa membawa HP saat sekolah, ini bukan berarti sekolah melarang para siswa-nya untuk tidak mengikuti jaman. Akan tetapi sekolah ingin agar para siswa fokus dalam belajar, berkomunikasi aktif -langsung tanpa HP di sekolah. Berkomunikasi dengan teman-temanmu, dengan bapak ibu guru. Kalo misalnya diperbolehkan membawa HP tentu kamu lebih asyik mainan hp dari pada mengobrol dengan teman-teman yang ada di samping kanan kirimu, Sebagai pengurus OSIS harus bisa menjadi pelopor untuk tetap fokus dan disiplin, memang menjadi pengurus itu banyak kegiatan, namun prestasi harus tetap diutamakan " Sebagian amanat pak Imam saat membuka kegiatan LDKS di Djowahan Sabtu petang. 

Kegiatan di lanjutkan setelah jama'ah Sholat Isya' dan makan malam, makan malam prasmanan dihidangkan nasi organik, sayur organik dan ikan organik yang di goreng dengan minyak kelapa olahan lokal borobudur.

Peserta LDKS Makam malam dengan menu serba Organik.
Tepat pukul 20.00 WIB peserta LDKS sudah siap dengan pakaian OSIS Lengkap berada di Ruang Materi. Pada malam tersebut ada 3 sesi materi, yaitu adab sopan-santun oleh Pak Nur, Keorganisasian yang disampaikan oleh Maz Udin ketua Pesona Magelang, dan Berakhir pada pukul 00.00 dengan materi Kepemimpinan oleh Bapak Kariyono, S.Pd.

Pak Nur memberikan Pengantar Materi

Game terkait dengan Keorganisasian 

Bapak Kariyono, S.Pd, Memberikan materi Kepemimpinan.
Sholat Shubuh berjam'aah sebagai kegiatan pembuka hari ke 2 LDKS, bertindak sebagai imam sholat subuh Ustadz Achfi Muntholibi, S.Pd.I Guru PAI SMP Negeri 8 Magelang, dilanjutkan olah raga yang dipimpin oleh Bapak Agus Setya K, S.Pd, M.Pd. 

Latihan Pernapasan bersama Pak Agus

Free time, menunggu sarapan dan sesi berikutnya
Setelah sarapan, peserta bermain game untuk melatih fokus. Game-game dimainkan yang diampu oleh Om Prabowo.

Game melatih Fokus dan Kerja sama bersama ohm Prabowo

Penjelasan umum oleh Mas Udin 

Menanamkan Kekompakan
Seusai materi oleh pihak trainner perserta LDKS di ajak berkeliling borobudur, menggunakan kereta mini mengunjungi home industri di daerah Wanurejo. Ada 2 yang yang sempat di kunjungi yaitu tempat pembuatan Rengginang dan Tempat pemebuatan Gula Merah di komplek Candi Pawon, kampung BNI.


Keliling Borobudur dengan menggunakan kereta mini, menuju sentra UMKM.

Nah kelihatan yang naik kereta mini..... dadahhh...

Kunjungan dan belajar membuat Rengginang di Desa Wanurejo

Berkunjung ke Industri Rumah tangga pembuatan Gula Merah

Menyaksikan cara mencetak gula merah

Bapak Ibu Pendamping LDKS berfoto bersama Pemilih dan Pengrajin Gula Merah di Komplek Candi Pawon

Istirahat Teh Hangat, menghangatkan suasana
Sesi terakhir adalah materi keseimbangan alam. Sesi ini juga di ampu langsung oleh pak Nur. Dalam arahanya peserta LDKS diajak praktek, bersatu dengan alam yaitu menangkap ikan dengan lomba nangkap terbanyak, kemudian melepas ikan tanggkapannya ke sungai agar hidup bebas. Ada kalimat yang di ucapkan pak Nur begini : 

" Adek-adek, kemarin sudah makan seekor nila kan? nah sebagai pemimpin yang bijak harus bisa menjaga keseimbangan alam. Hari ini adek-adek harus mengganti 2 ekor ke alam bebas. Pemimpin harus bijak, sebelum menebang 1 pohon tanam 2 pohon dulu sebagai pengganti, makan satu ekor ikan melepas 2 ekor ikan ke sungai agar keseimbangan alam tetap terjaga, itulah misi pemimpin yang baik, itulah warisan ajaran para Leluhur kita terdahulu"   Ucap pak Nur yang saya ingat.

Lomba menangkap Ikan

Lomba nangkap Ikan

Nabur Benih Ikan ke Sungai

Upacara Penutupan LDKS
Penutupan kegiatan LDKS dilaksanakan dengan Apel Penutupan yang di pimpin oleh Relixia Jingga Rona. dan bertindak sebagai Pembina Apel Ibu Pribadi Andayani, S.Pd Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sekaligus sebagai ketua Pembina OSIS SMP Negeri 8 Magelang.

Dalam sambutannya Bu Pri menyimpulkan dan menekankan materi-materi yang telah disampaikan oleh pemateri dalam LDKS. dan terakhir mengajak agar Pengurus OSIS untuk fokus dalam belajar dan fokus dalam berorganisasi, menempatkan sesuatu pada tempatnya dan disiplin di manapun berada.

" Yang terakhir bu Pri berpesan, tenan iki cah - Jadi Pengurus OSIS bukanlah hal yang mudah, banyak kegiatan yang harus di laksanakan, namun jangan sampai menurunkan prestasi kalian, jangan jadikan alasan untuk  tidak melaksanakan tugas-tugas belajar kalian, mari mulai detik ini, Fokus dalam belajar, fokus dalam berorganisasi, dengan jiwa yang disiplin, disiplin di manapun berada "  Tegasnya saat memberikan amanat pada apel penutupan LDKS di Camp Ground Lidiah Art Djowahan kemarin .


Pendamping Berfoto bersama Pak Nur pemilik Lidiah Art Djowahan Borobudur. Setelah acara selesai.
Laporan Khusus LDKS oleh : Pakmaz Paroji
Foto oleh : 421 SMP Negeri 8 Magelang