Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

TINGKATKAN KOMPETENSI JURNALISTIK, KEPALA SEKOLAH KIRIM ADMIN BLOG KE KEGIATAN TRAINING JURNALISTIK DAN FOTOGRAFI

MELEK JURNALISTIK DALAM ARUS PERKEMBANGAN INFORMASI ERA MILENIAL

Simulasi Jumpa Pers yang di pandu oleh Narasumber Malik Salman Jurnalis Magelang Ekspres
MAGELANG. BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka meningkatkan kompetensi Jurnalistik bagi Pegawai SMP Negeri 8 Magelang, Kepala SMP Negeri 8 Magelang mengirim duta dalam kegiatan Training Jurnalistik dan Photografi yang diselenggarakan oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Magelang Raya yang di seleggarakan pada Minggu 20 November 2018 di Gedung Lantai I, Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. 

Dalam hal ini Sekolah mengirim Admin dan Reporter smpnegeri8magelang.blogspot.com Paroji (35). 

Dalam kesempatannya Paroji yang akrab di sapa Pakmaz, dilatih menjadi wartawan oleh Narasumber diantaranya Chandra Yoga Kusuma dari Magelang Ekspres yang membawakan materi Photografi Jurnalistik, Malik Salman yang juga Jurnalis Magelang Ekspres yang menyampaikan Materi tentang Pengertian Jurnalistik dan Adidaya Perdana Pemred Siedoo.com dengan materi Melek Jurnalistik dalam Arus Perkembangan Informasi Era Milenial. 

Pada Sesi Terakhir Peserta diajarkan membuat berita. berikut latihan pembuatan berita yang sempat dibuat oleh salah satu peserta yang berhasil dibuat serta telah terbit di siedoo.com kemarin sore. 

MAGELANG – Arus perkembangan informasi di era milenial yang tidak lepas dari dunia digital dapat menjadi polemik. Mengalirnya informasi itu begitu cepat, baik itu melalui sosial media atau media cetak. Banyak platform yang dapat menunjang informasi terkini.
Namun, dalam sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya banyak sekali oknum yang menyebarkan berita negatif. Dimana kredibilitas sumber berita masih bias. Bahkan, acapkali dikarang oleh pihak tertentu yang memprovokasi dan tidak mau bertanggung jawab. Lebih jauh, tulisan – tulisan yang tersebar itu bisa melanggar Undang-undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
Dengan beredarnya informasi negatif, secara sadar atau tidak sadar, kadang masyarakat masih mudah terprovokasi. Berdasarkan kondisi ini, Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Magelang Raya, Arif Fitriyanto menyelenggarakan Training Jurnalistik dan Fotografi dengan tema Melek Jurnalistik dalam Arus Perkembangan Informasi Era Digital di Gedung Lantai 1 Perpustakaan Daerah Kota Magelang, Jawa Tengah.
Arif berharap peserta mampu menulis sekaligus menjadi jurnalis. Karena di era milenial banyak sekali berita hoax, sehingga peserta diharapkan mampu menyaring berita hoax. Dengan demikian, mereka agar lebih mampu menyampaikan informasi yang baik.
Training ini menghadirkan narasumber dari Pimpinan Redaksi Siedoo.com Adi Daya Perdana. Ia mengatakan bahwa, kita harus bisa melek jurnalistik. 
“Agar para peserta bisa melek jurnalistik di arus era milenal perlu paham batasan atau aturan. Selain itu juga paham aturan yang membatasi pengguna medsos yang ada UU ITE,” jelasnya.
Ia juga menyampaikan, pelatihan ini agar peserta dapat lebih pandai menvalidasi berita yang didapat. Sehingga, mereka dapat memilah dan memilih informasi.
Sementara itu, salah satu peserta Paroji, dari Staf SMP Negeri 8 Kota Magelang, Jawa Tengah menyampaikan terima kasih karena melalui pelatihan, ia merasa lebih mengerti info kejurnalistikan. Ia pun berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan. Bahkan, merasa setelah training ini akan lebih memiliki self confident dalam menyampaikan informasi.
" Saya bersyukur sekali atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga saya lebih mengerti ilmu kerjurnalistikan. Harapan saya kegiatan ini terus berlanjut secara berkesinambungan sehingga bisa terus menambang pengetahuan " Kata Paroji
" Setelah mengikuti kegaitan training ini saya merasa percaya diri kerenya self confident dalam menyampaikan informasi atau berita, kalo biasanya hanya sebatas status pendek mungkin setelah ini lebih panjang lagi " Imbunya. 
Kegiatan yang diikuti oleh 91 peserta tersebut ditutup dengan penggalangan dana atau Donasi untuk Korban Bencana Alam Gempa dan Tsunami di Palu dan NTB, yang selanjutnya akan disalurkan oleh ACT dan MRI.

*Feyza Syifa Ashile 
Tulisan peserta terbaik, dari Training Jurnalistik “Melek Jurnalistik dalam Arus Perkembangan Informasi Era Milenal”, Selasa 20 November 2018.
telah disempurnakan oleh Pakmaz Paroji.