Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

SEMPAT AKAN BATAL, SIMULASI UNBK SPENAPAN SUKSES DILAKSANAKAN

APAPUN YANG TERJADI AKAN MENJADI MASUKAN UNTUK PENYELENGGARAAN UNBK YANG SEBENARNYA. 

Para perserta Simulasi UNBK sedang mengerjakan soal-soal pada CBT, pada sesi 2 hari ke 4 Mata Pelajaran IPA,
di Ruang Komputer SMP Negeri 8 Magelang, Jum'at 14 Desember 2018. 

#SIMULASI UNBK, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Sebanyak 220 Siswa kelas IX SMP Negeri 8 Magealng, melaksanakan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), untuk tahun Pelajaran 2018/2019 selama 4 hari mulai selasa 11 Desember 2018 hingga Jum’at 14 Desember 2018 siang.

Hari Pertama simulasi UNBK adalah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk pilihan ganda.  Panitia Penyelenggara lokal sekaligus Proktor UNBK SMP Negeri 8 Magelang Subroto, S.Pd, menyampaikan bahwa pada hari pertama selasa 11 Desember 2018, merupakan uji coba ke sistem.

“ Pada hari selasa, hari pertama, lebih ke kegiatan percobaan ke Sistem dan siswanya, karena tidak bisa terkoneksi dengan server pusat maka, untuk sesi 1 dan 2 gagal dilaksanakan, Sesi ke 3 berhasil untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia “ Jelas pak Broto, pada jum’at 14/12 di Ruang Simulasi UN 2 SMP Negeri 8 Magelang, saat jeda.

“ Semua siswa wajib ikut, sebanyak 220 siswa “ Imbuhnya.

Pak Broto mengaku masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan Simulasi pertama ini, dan pihaknya akan menyampaikan kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai masukan  pada saat evaluasi pelaksanaannya.

“ Masih banyak temuan ya, misalnya antara daftar peserta yang dibuat panitia tidak cocok dengan data base pusat, tapi alhamdulillah bisa di atasi, Secara umum lancar sukses dilaksanakan, temuan-temuan apa yang terjadi kekurangan apa-apanya akan kita sampaikan saat pertemuan di Dinas Pendidikan nanti“ Paparnya.

Yuli Purnomo, S.Komp Teknisi yang turut mendapingi Proktor menekankan bahwa masih ada perbedaan antara jadwal yang ada di web, dengan jadwal atau pembagian sesi oleh panitia.

“ di Web ada 4 sesi, sementara dari panitia dibuat 3 sesi, tapi dapat di atasi dan pusat yang menyesuaikan dengan lokasi, pada umumnya semua lancar meskipun kadang sering offline “ Timpal Purnomo. 

Terpisah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurlikulum Bapak Ashofani Nasiruddin Wahhab, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa penyelenggaraan Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan sekaligus pengecekan perangkat yang akan di pakai saat UNBK dilaksanakan April mendatang.

“ Simulai UNBK, namanya juga simulasi, itu uji coba. Untuk mengenalkan kepada para siswa agar nantinya sudah paham saat menghadapi UNBK yang sebernarnya. Selain itu juga untuk mengecek perangkatnya, baik komputer maupun jaringan internetnya, ruanganya, maupun personilnya “ Terang pak Nas, kepada Beranda Spenapan News.Com Jum’at 14/12 di Ruang kerjanya.

Suasana Simulasi UNBK Hari Terakhir Sesi ke 2 ruang 2. 

Salah satu siswa peserta Simulasi UNBK Ario Dimas Hernanda dengan nomor Peserta Ujian P0306000800907,  mengaku dapat mengerjakan semua soal-soal yang ada, meskipun kecewa karean tidak dapat mengikuti Simulasi pada hari pertama.

“ Alhamdulillah dapat mengerjakan semua soal, Cuma sayangnya gak bisa mengikuti yang ini, ( sambil menunjukan jadwal Simulasi  Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa yang seharusnya dilaksanakan pada pukul 10.30 – 12.30 atau sesi ke 2 hari pertama selasa 11 Desember 2018. “ Ungkap Ario. 
Suasana Simulasi UNBK Sesi ke 3 hari Pertama di Ruang 1. 

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang.