Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

WORKSHOP : GURU HARUS BISA MEMBUAT SOAL HOTS MENGHINDARI HOAX

WORKSHOP EVALUASI PROGRAM KEGIATAN DAN ADMINISTRASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KWALISTAS SDM SMP NEGERI 8 MAGELANG.

Materi Workhsop : Peserta Worksho sedang Praktek pengisian E-Raport yang di pandu oleh Operator Dapodik
Tugiyono, S.Komp dan Waka Kurikulum Ashofani Nasiruddin Wahhab, S.Pd, M.Pd, di Ruang Komputer 2
SMP Negeri 8 Magelang, pada Selasa 18 Desember 2018.
#WORKSHOP, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka meningkatkan kwalitas Sumber daya manusia, yang meliputi Guru, Kariyawan, dan Siswa SMP Negeri 8 Magelang, Sekolah menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Program Kegiatan dan Administrasi Sekolah SMP Negeri 8 Magelang, Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2018, selama 2 hari pada Selasa 18 Desember 2018 dan Rabu 19 Desember 2018 pagi hingga siang, di Ruang Serba Guna SMP Negeri 8 Magelang, Jalan Beringin V Magelang. 

Ketua Penyelenggara Ibu Etty Harwati, S.Pd menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Guru dan Kariyawan SMP Negeri 8 Magelang.

Evaluasi dan Rencana Program Kesiswaan oleh Ibu Pribadi Andayani, S.Pd

" Workhsop Evaluasi Program Kegiatan dan Administrasi Sekolah Tahun Pelajaran 2018/2019, dari Kesiswaan, dari Kurikulum, dari Pimpinan Sekolah, Untuk mengevaluasi program sekolah yang sudah kita laksanakan satu semester ini, makanya kan perlu dievaluasi untuk merencakan program pada semester dua agar lebih baik lagi, ada kendala apa kemarin pada program pertama di semester satu,  Evaluasi kita untuk membuat program yang lebih tertata, yang ikut gurunya 41 dan Kariyawan 15 orang, ada beberapa yang ijin karena sedang melaksanakan tugas luar, tapi Alhamdulillah semuanya berjalan lancar " Jelas Bu Etty, selaku Penyelengara kegiatan Workshop kepada Beranda Spenapan News.Com pada Rabu 19/12 saat Ishoma sebelum penutupan di sekitar lokasi kegiatan. 

Kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Sekolah Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd. Pihaknya memberikan kebijakan pendanaan dan teknis pelaksanaannya yang sengkuyung oleh seluruh warga sekolah demi meningkatnya kwalitas sumberdaya manusia yang lebih baik.

Kepala Sekolah dan Ketua Penyelenggara saat membuka kegiatan.

" Kita mendukung, yang pertama pendanaan, memang itu sudah di anggarkan oleh sekolah dan kita tindak lanjuti,. Yang kedua ya (dukungan) dari rekan-rekan karena ini berkaitan dengan sumber daya manusia juga tho, sehingga pada akhirnya nanti Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 8 Magelang ini kwalitasnya meningkat " Paparnya.

Adapun dari penelusuran BSN.Com Run Down Kegiatannya sebagai berikut :
HARI PERTAMA : Selasa 18/12/2018
1. Pembukaan pkl. 08.00
2. Sambutan Kepala Sekolah
3. Evaluasi Program Kurikulum
4. Peniliaian dan Pengisian e-Raport

HARI KEDUA : Rabu, 19/12/2018
1. Evaluasi dan Rencana Kegiatan Kesiswaan
2. Review RPP Semester Genap
3. Kaidah Penulisan Soal
4. Praktek Penulisan Soal
5. Penutup pkl. 14.00 WIB

Salah satu Narasumber atau pengampu Kegiatan Bapak Asshofani Nasiruddin Wahhab, S.Pd, M.Pd dalam paparanya pada sesi materi Kaidah Penulisan Soal. Menyampaikan bahwa guru harus kritis, bisa membuat soal yang Hot dan menghindari Hoax.

Bapak Ashofani Nasiruddin Wahhab, S.Pd, M.Pd saat memberikan materi Kaidah Penulisan Soal

" Hot itu kaitannya dengan pemikiran, berfikir kritis bukan sekedar dijawab ya, dijawab tidak, tapi perlu pemikiran mengapa iya, mengapa tidak intinya itu. Kalo Hoax itu ya sulit untuk mencari bukti karena hanya ada di angan-angan saja. Harapanya guru tahu kondisi realistis yang ada di sekolah sehingga soal itu sesui dengan kondisi alam anak yang ada di SMP Negeri 8, bukan ada di sekolah lain, karena yang ada di SMP Negeri 8 kan Fakta, tidak ada yang Hoax, jadi di bagian akhir sesungguhnya anak diajak untuk bisa bertindak, bisa bersikap, bisa berbudaya juuuujur, untuk menyampaikan apa yang mereka ketahui, menyampaikan apa yang betul tidak mereka ketahui dan berani bertanya mengapa tidak tahu, yang tau tidak udah disampaikan selesai " Urai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Alumni S2 Magister Pendidikan Universitas Negeri Semarang di Ruang Workshop pada Rabu, 19/12 siang dengan gaya khas pak Nas.

Bapak Drs. Bambang yang bersebelahan dengan Bu Maharwati, S.Pd selaku peserta mengaku bahwa setelah mengikuti kegiatan Workshop tersebut merasa ilmunya dan wawasannya bertambah, serta kekompakan guru SMP Negeri 8 Magelang tidak bisa di ragukan.

" Alhamdulillah, Ilmu bertambah, Wawasan bertambah dan kekompakan guru-guru  SMP 8 tidak bisa diragukan, Josss, " Ungkap Pak Bambang. " Oke " Sambung Bu Mahar.

Pak Bambang dan Bu Mahar Peserta Workshop

Secara spesifik Guru IPA tersebut mengatakan peserta mendapatkan ilmu untuk pembuatan soal, pembuatan program, dan evaluasi kegiatan.

" Sepesifiknya mendapatkan ilmu tentang pembuatan soal agar lebih profesional, pembuatan program sampai dengan aplikasi sampai dengan evaluasi kegiatan, Luar Biasa ! Perangkat Guru untuk Kedepan Insa Allah bertambah sempurna. Penyelenggaraannya juga sangat baik sekali. Untuk Panitia menyiapkan tempat, konsumsi, Kepanitiaan luar biasa. Bagus! Bagus ! dan Pesertanya sangat-sangat Wow semangat, bagus-bagus " Pungkas Pak Bambang di Ruang Workshop sambil membantu mengoperasikan Soundsistem yang ada, dan memberikan ajungan jepol ke arah peserta dan pengampu kegiatan yang sedang bergegas meninggalkan ruangan.

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang