Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

PERPUSTAKAAN MUTIARA ILMU SPENAPAN LAUNCHING BUKU CERPEN KARYA SISWA

SEKAR KAGET, NAMANYA TERCANTUM DI BUKU YANG BARU SAJA TERBIT.

Sekar salah satu pemenang Pertama Lomba Menulis Cerpen menerima Buku Kumpulan Cerpen dari
Panitia Lomba Cerpen Priyono Dwi Kundarto, S.Pust di Perpustakaan SMP Negeri 8 Magelang pada Senin 21 Januari 2019. 
#KARYA, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Perpustakaan " Mutiara Ilmu " Spenapan SMP Negeri 8 Magelang Launching Buku Kumpulan Cerpen karya Siswa Siswi SMP Negeri 8 Magelang pada Senin 21 Januari 2019. Launching Buku di tandai dengan penyerahan 1 Eksemplar buku Cerpen dengan Judul Abut You, yang diambil dari salah satu judul cerpen karya Sekar Pangastuti Kelas 8E. Selain Sekar, ada 7 siswa lainya yang karyanya termuat dalam buku tersebut antara lain. Midkal Prima Fauzan, Voleta Belva A.K, Avril Wardani, Ratna Arum. Alvia, Alyana Qisthy Rachma Mufti Izza. serta 2 karyawan SMP Negeri 8 Magelang, Rio Alvio ( Priyono Dwi Kundarto, S.Pust ) dan Pakmaz (Paroji). Sebelum dibukukan Cerpen-cerpen tersebut merupakan naskah yang dilombakan untuk tingkat sekolah dalam rangka meningkatkan Literasi siswa. 

" Pertama siswa kita informasikan dengan adanya lomba menulis cerpen, kemudian siswa yang berantusias mengirimkan naskahnya dalam bentuk soft file kita analisis dan disajikan kepada juri untuk di nilai. setelah itu naskah yang kita kirimkan ke penerbit yaitu Pena Indist, sehingga dalam waktu kurang lebih satu bulan buktu tersebut sudah  jadi seperti ini hasilnya " Jelas Priyono Dwi Kundarto, S.Pust selaku penyelenggara lomba menulis cerpen tingkat sekolah kepada Beranda Spenapan News.Com pada Launching buku Cerpen untuk terbitan perdata Perpustakaan SMP Negeri 8 Magelang, senin 21 Januari 2019, sambil memperlihatkan hasil cetakan bukunya. 

Lebih lanjut Priyono alias Rio Alvio menerangkan tentang biaya cetak buku tersebut mengambil paket cetak dari penerbit. 

" Untuk biaya cetak dari penerbit kita ambil paket yang 600.000, biaya tersebut termasuk editing, Layout, Cover, pengurusan ISBN dan Free 10 eksemplar buku. Semua ini 100 % di bayar sekolah siswa atau peserta gratis, hanya mengumpulkan naskah. yang masuk ada 8 anak, 1 anak ada yang mengirimkan 3 naskah 2 naskah dan paling banyak 1 naskah. serta untuk memenuhi kuota halaman ada juga karyawan yang turun menulis cerpen dalam buku ini " Imbuhnya. 


Mas Prio dan Buku Cerpen
Dalam ajang lomba tersebut diambil 3 Juara. Adapun Juara 1 diraih oleh Sekar Pangastuti dengan 3 naskah, Juara 2 oleh Avril Wardani sebanyak 3 naskah dan Juara 3 oleh Midkal Prima Fauzan dengan 2 Naskah.  

Salah satu dewan Juri Lomba Menulis Naskah Cepen Maharwati, S.Pd memberikan komentarnya saat dihubungi melalui Jaringan Pribadi WhatApp pada Senin 21 Januari 2019 sore. 

" Sekar memang punya talenta yang kuat dalam membuat cerpen. Dia rajin membaca novcel, Bunda hanya memberikan motivasi aja mas, Intinya Sekar memang berbakat " Kata guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 8 Magelang, yang sudah sangat senior itu pada BSN.Com melalui WA. 

" Terima kasih ini sebagai Kado buat bunda, di hari ulang tahun bunda Siswa mempersembahkan Buku Cerpen, Terima Kasih pokoknya, Bunda juga kutu buku tapi dalam mengikuti lomba mengarang dulu waktu sekolah belum pernah juara, tapi anehnya mesti tidak menang karangan2 bunda di kirim ke suatu majalah dan lansung di muat dapat honor lhooo waktu itu " Tambah bu Mahar yang akrab di sapa Bunda, yang ternyata berulang tahun pada 22 Januari 2018 saat di beritahu bahwa buku cerpen karya siswa di bukukan.
Sekar Pangastuti dan Ibu Maharwati, S.Pd, berfoto bersama setelah launching buku About Your
di Perpustkaan SMP Negeri 8 Magelang. 21 Januri 2019


Sementara itu Sekar Pangastuti, salah satu Juara menulis cerpen kaget saat karyanya dibukukan. 

" Lhoo... kok nama saya... lho kok saya... ini cerpen karya saya, About You " Sekar terkejut saat pertama diberikan buku cerpen oleh Admin BSN.Com untuk konfirmasi pada senin 21 Januari 2019 sebelum launching buku oleh Perpustakaan saat Istirahat dikelasnya. 
Sekar Pangastuti dengan bukunga About You. 

Sekar merasa senang sekali karyanya dibukukan untuk yang pertama kali, dan berharap buku tersebut dapat menghibur dan bermanfaat bagi siapapun. 

" Senang sekali ya, ini untuk yang pertama kali karya saya dibukukan, aku sudah menulis banyak tapi hanya saya simpan, kadang juga saya posting di Web. dengan buku ini semuga menghibur teman-teman dan bermanfaat lah untuk semua " Ungkap siswa yang pada kelas 7 sering pingsan saat mengikuti pelajaran tersebut penuh harapan. 

Terakhir sekar juga mengajak teman-temannya agar bisa menulis, dirinya tidak takut tersaingi tapi justri mengajak untuk bersaing dalam meraih prestasi. 

" Nggak lah gak takut tersaingi, justru ayo kita bersaing, kita nulis bareng, kita belajar bareng, justru senang kalo banyak teman untuk menulis " Tegasnya. 

Para siswa/siswi  yang tidak sabar ingin membaca cerpen About You di Perpustakaan SMP Negeri 8 Magelang.

Secara terpisah Kepala SMP Negeri 8 Magelang, Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd mengapresiasi atas terbitnya buku tersebut. pihak sangat mendukung segala bentuk literasi, dalam rangka mendukung gerakan literasi pendidikan. 

" Selamat untuk Perpestakaan SMP Negeri 8 Magelang, luar biasa meskipun gerakan literasi belum berjalan begitu sempurnya kita bisa mempersembahkan sebuah buku, siswa kita sudah bisa menulis, terima kasih semuga kedepan bisa meningkat, dan bermanfaat untuk sekolah dan kita semua "  Ucap Kepala Sekolah 2 Periode dalam koordinasi Tata usaha di Ruangnya. 

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang.