Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

RAT, KOPERASI SEHAT SMP NEGERI MAGELANG MENGUTAMAKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA

KOPERASI SEHAT MEMBUKA PELUANG BAGI ALUMNI MAUPUN MASYARAKAT YANG MAMPU DIBIDANG AKUNTANSI DAN MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN PADA UNIT USAHA PERTOKOAN. 

Kepala Badan Pemeriksa Koperasi Sehat Drs. Wasiyanta Bambang Nugraha,
saat memberikan laporan hasil pengawasannya di hadapan para anggota, Pengurus, Pembina
 dan utusan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang.
pada Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI) SEHAT SMP Negeri 8 Magelang
pada Sabtu, 19 Januari 2019 di Aula SMP Negeri 8 Magelang.
#KOPERASI, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI 'SEHAT " SMP Negeri 8 Magelang, sukses mengadakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan pada Sabtu, 19 Januari 2019 di Aula SMP Negeri 8 Magelang, Jl. Beringin V Rejowinangun Selatan Kota Magelang siang hingga sore. RAT merupakan forum pertanggungjawaban pengurus dalam melaksanakan tugas selama masa baktinya, yakni Tahun buku 2018 sebagai tindak lanjut perbaikan dan kemajuan koperasi. 

Dalam Tujuan dan Sasarannya, Koperasi Sehat SMP Negeri 8 Magelang, yang masih bergerak dalam bidang Jasa tersebut ingin mencapai 3 sehat koperasi. Yaitu Sehat Organsisasi, Sehat Usaha dan Sehat Mental, dalam rangka ikut membantu Pemerintah khususnya di bidang perkoperasian untuk memperkokoh/memperkuat perekonomian negara dengan senantiasa meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 

Qourum pada rapat tersebut juga terpenuhi 80% lebih, yakni 45 anggota dari 50 anggota yang terdiri dari Guru dan Kariyawan SMP Negeri 8 Magelang, baik PNS maupun Non PNS yang masih aktif mengajar atau bekerja di Sekolah yang mempunyai Visi Unggul Dalam Mutu Santun dalam Perilaku tersebut. 

Tampak hadir dalam RAT, Kepala SMP Negeri 8 Magelang Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd selaku Pembina Koperasi dan Utusan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Magelang, Ibu Supanci Darmasi, SE, MM. 

Dalam kesempatan pertamannya Kasi Pengawasan Koperasi Disperindag Kota Magelang tersebut memberikan sambutan dan mengingkatkan kepada pengurus koperasi agar kinerja koperasi dapat diperbaiki dan disempurnakan lagi. 

" Pada masa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi, mengingat betapa tinggi dan pentingnya kedudukan serta fungsi rapat anggota tahunan, maka segenap anggota yang hadir selayaknya aktif untuk menilai, memberikan berbagai masukan dalam bentuk kritik maupun saran yang membangun " Katanya. 

Kasi Pengawasan Koperasi Disperindag Kota Magelang Ibu Supanci Darmasi, SE, MM saat memberikan Sambutan
pada RAT KPRI Sehat SMP Negeri 8 Magelang, Sabtu, 19 Januari 2019.

Berikutnya Ibu Supanci memberikan dukungan sebagai peran pemerintah dalam hal pembinaan dan pengembangan koperasi di Indonesia. 

" Berdasarkan hasil Rakornas Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2018, arah pembinaan dan pengembangan koperasi ditekankan pada 3 hal yaitu :  
1. Pemberdayaan Koperasi harus mampu mendorong peningkatan daya saing, kapasitas koperasi harus mampu beradaptasi dalam teknologi dan perubahan lingkungan bisnis secara global melalui pengembangangan kewirausahaan dan keunggulan koperasi, dalam hal ini Disperindag Kota Magelang telah dan masih diprogramkan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang teknologi komputerisasi akuntansi, kewirausahaan dan lain-lain. Sebagai salah satu cara agar para pengelola koperasi tidak hanya mampu bertahan tetapi dapat bersaing dalam mengembangkan usaha koperasi. 
2. Melalui program aksi reformasi total koperasi, pemerintah mendorong terwujudnya kewirausahaan yang digulirkan sebagai upaya mendorong pembangunan koperasi secara dinamis dan kekinian dengan mengacu pada jargon " TIADA KOPERASI TANPA IT, TIADA KOPERASI TANPA TRANSAKSI DENGAN ANGGOTA " Sehingga bermuara dalam menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadapt produk koperasi. dalam hal ini kami kepada pengurus kami harapkan agar dapat menciptakan produk-produk yang menarik baik dari sisi landing maupun funding, serta mampu memberikan pelayanan yang kreatif dan inovatif. 
3. Pemerintah pusat dan daerah akan terus memantapkan koordinasi dalam rangka mendorong efektifitas kegiatan prioritas nasional, unggulan dan strategis, antara lain : penataan data base koperasi melalui Nomor Induk Koperasi (NIK) dan sertifikat NIK berbasis ODS, pendampingan koperasi, diklat perkoperasian, kompetensi dan manajerial serta pengendalian dan pengawasan koperasi.  Paparnya.

Terakhir ibu Supanci juga berkomentar terkait jalannya RAT KPRI SEHAT SMP Negeri 8 Magelang, yang beliau simak dari pembukaan hingga penutupannya. 

" Rapat Anggota di Koperasi sehat ini sudah baik ya... rapat anggotanya berjalan dengan ada tanggapan dari para anggota, anggota berpartisipasi menanggapi kinerja pengurus, dan kinerja pengurus juga cukup baik lah.. Intinya di KPRI Sehat ini Kesejahteraan Anggota memang di Utamakan, pengurus sangat mengutamakan kesejahteraan anggotanya " terang bu Panci 

Ibu. Rina Setyasih, S.Pd selaku Ketua KPRI Sehat memberikan Laporan Neraca dan Rencana Kerja

Sementara itu Ketua KPRI "SEHAT" SMP Negeri 8 Magelang, Ibu Rina Setyasih, S.Pd mengatakan bahwa Koperasi Sehat selama ini masih bergerak di bidang jasa. Pihaknya bercita-cita untuk dapat melaksanakan saran dari Pemerintah dalam hal ini Disperindak Kota Magelang, untuk mengembangkan Usaha dalam bidang pertokoan. 

" Cita-cita itu ada, selama ini Koperasi Sehat masih bergerak dibidang jasa simpan pinjam, ada keinginan untuk merubah ADRT dan ini memang yang disarankan oleh Pemerintah, bahwa koperasi harus bisa berkembang dan mampu bersaing sehingga bisa lebih mensejahterakan anggotanya. Cuma ada kendala, tugas kita utamanya kan mengajar mendidik anak bangsa, membutuhkan tenaga profesional yang siap fulltime di Koperasi Unit Pertokoan ini. Kalo memang ada yang mau dan mampu akan kami konsultasikan pelaksanaannya kepada Pengawas " Ucapnya kepada Beranda Spenapan News.Com saat di temui di kantornya seusai memimpin Rapat Anggota Tahunan KPRI SEHAT SMP Negeri 8 Magelang pada Sabtu, 19/01 sore. 

" Kedepan kalo disetujui Anggota, tentu hal ini bisa menjadikan peluang kepada para almuni misalnya atau masyarakat yang mampu dibidang Akuntansi dan Marketing untuk bergabung dengan koperasi, mengembangkan Unit Usaha Koperasi Pertokoan, untuk mendukung kebutuhan para pelajar, guru maupun masyarakat sekitar " Harap bu Rina. 
Pembina Koperasi Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd didampingi
 Wakil Ketua Koperasi Bapak Agus Setya Kristiyanto, S.Pd, MPd

Kepala SMP Negeri 8 Magelang Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd yang tiba-tiba muncul dalam obrolan BSN.COM dengan Guru IPS Ekonomi tersebut langsung menanggapi dan menyetujui cita Ketua KPRI "SEHAT" Ibu Rina Setyasih, S.Pd. 

" Boleh saja, silahkan, asal ada yang bisa mengelola dengan baik ya silahkan Koperasi SEHAT mengembangkan untuk usaha pertokoan bagus itu "  Timpal Pak Imam. 
Bapak Hendri Indarto, S.Sn Moderator

Rapat Anggota yang di moderatori oleh Sekretaris Koperasi Bapak Hendri Indarto, S.Sn tersebut berakhir dengan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), dari pembagian SHU yang diberikan langsung oleh Bendahara Koperasi Sehat Ibu Etty Harwati, S.Pd ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 2,97 %. (421)


Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang.