Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

SEMPAT DI GUYUR HUJAN PIALA ADIPURA DAN WALIKOTA DISAMBUT DENGAN ALUNAN SHOLAWAT BADAR OLEH SISWA-SISWI SMP 8 MAGELANG

Pemkot Magelang Komitmen Kurangi Sampah Plastik. 

Siswa dan Pendamping berfoto bersama Bapak Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT
Saat menyambut Piala Adipura Kencana yang ke 10 untuk Kota Magelang, di Sepanjang Jalan Jend. Sudirman
Karang Gading Magelang, Rabu 30 Januari 2019

#KOTA MAGELANG, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM 400an Siswa-siswi SMP Negeri 8 Magelang, menyambut kirab Piala Adipura yang diperoleh Kota Magelang untuk yang ke 10 kalinya pada Rabu sore 30 Januari 2019. Sejak pulang sekolah (pukul 14.00WIB) para siswa sudah berjejer di pinggir sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Sambil menunggu datangnya rombongan Kirab Piala Adipura yang dipimpin langsung oleh Walikota Magelang para siswa melantunkan lagu-lagu kebangsaan dan  sholawat  lengkap dengan peralatan rebana. 
Siap menyambut Piala Adipura

Meskipun sempat diguyur hujan lebat, para siswa tetap antusias menunggu hingga rombongan kirab berlalu. Tepat pukul 16.00 akhirnya mobil pembawa Piala Adipura yang ditunggu-tunggu Masyarakat Kota Magelang pun, melintas di Perempatan Pasar Burung, melalui Jalan Jend. Sudirman dimana para siswa yang sudah 2 jam menunggu. Dengan lantunan sholawat Nabi, para siswa memanfaatkan waktu untuk bersalaman dengan Bapak Ir. H. Sigit Widyonindito, MT Wali Kota Magelang. Bapak Sigit pun menyapa dan melayani hampir seluruh siswa yang ingin bersalaman, dan beberapa kali berhenti untuk berswafoto. 

Pak Walikota tidak henti-hentinya berpesan kepada siswa-siswi yang dijumpai untuk selalu berprestasi dan menjaga kebersihan. 

" Iya...terus semangat belajar tingkatkan prestasi, jangan lupa, jangan meninggalkan sampah sembarangan, jaga kebersihan ya, dimana pun itu " Ucapnya. 

Sepeti kita ketahui sebelumnnya bahwa Walikota Magelang menginginkan Kota Magelang bersih, dengan Zero sampah plastik. 

Para siswa-siswi SMP 8 berfoto di depan mobil hias yang membawa Piala Adipura
yang dijaga oleh Mas dan Mbak Kota Magelang.  Rabu, 30 Januari 2019 di Jl. Jend. Sudirman Kota Magelang
" Saya akan merumuskan, kalo bisa kota Magelang kurangi sampah plastik. kalau bisa Zero sampah plastik, kita tidak menggunakan yang berbau plastik " Ujar pak Sigit, sebelum kirab Anugrah Adipura, Rabu (30/1) seperti dikutip oleh KabarMagelang.com

Dalam kesempatan tersebut Walikota juga mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak membeli di toko-toko. Ketika berbelanja juga menggunakan tas tersendiri, bukan tas kresek.

" Karena seperti kita ketahui, sampah plastik itu mengurainya sangat sulit, butuh ratusan tahun " terang Pak Sigit.

Di Kota Magelang, lanjut Sigit, sudah diterapkan pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) atau menggunakan kembali, mengurangi, dan mengolah kembali/daur ulang. Selain itu, ada juga bank sampah di setiap kelurahan, serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang fungsinya mengolah sampah agar menjadi lebih efektif.

"Ini semua merupakan wujud komitmen kita dalam mengelola sampah dan kebersihan lingkungan," ungkapnya.

Sigit mengaku bersyukur, tahun ini Kota Magelang kembali berhasil memperoleh anugrah Adipura ke-10 kalinya. Perolehan ini berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Tahun ini kita dapat mempertahankan supremasi Adipura, artinya kita berkomitmen jaga lingkungan, kebersihan sehingga sejuk, bersih, nyaman dihuni," katanya.

Seperti yang diketahui, Kota Magelang secara resmi menerima penghargaan Adipura yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Jakarta pada 14 Januari 2019 lalu. Piala ini kemudian dikirab di sepanjang wilayah Kota Magelang, Rabu (30/1).

Kirab yang dipimpin oleh Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, diikuti para asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, dan lainnya. Kirab dimulai dari wilayah Sambung, tepatnya di depan kompleks Armed 3 Nagapakca. Piala Adipura dinaikkan dalam sebuah mobil yang telah dihias sedemikian rupa sehingga menarik perhatian.

Di urutan berikutnya, nampak mobil-mobil hias lain yang ditumpangi para camat, lurah, hingga pasukan orange dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Mereka memamerkan Adipura ke hadapan masyarakat di sepanjang rute kirab hingga berakhir di halaman Kantor Pemkot Magelang. (KabarMagelang.Com) 

Menunggu, Bernyanyi dan bersholawat di Pinggir Jalan Jend. Sudirman.
Sesaat setelah mobil hias kirab adipura datang, Hujanpun reda.

Reporter SMP Negeri 8 Magelang : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang