Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SMP 8 DAN SMP 10 MAGELANG

DIFASILITASI PENGAWAS SEKOLAH KEDUA SEKOLAH SEPAKAT UNTUK MENGADAKAN TINDAK LANJUT DAN DISKUSI SEKOLAH GUNA MENYUSESKAN USBN DAN UNBK TAHUN 2019

Focus Group Discussion Sukses USBN dan UNBK 2019 antar SMP Negeri 8 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang yang di fasilitasi oleh Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Serbaguna SMP Negeri 8 Magelang pada Senin, 11 Februari 2019

#FGD, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang melalui Pengawas SMP memfasilitasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara SMP Negeri 8 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang guna menyukseskan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang akan diselenggarakan bulan April mendatang. FGD dengan tema " SUKSES USBN DAN UNBK TAHUN 2019 " itu telah dilaksanakan pada Senin, 11 Februari 2019 di Gedung Serbaguna SMP Negeri 8 Magelang, Jl. Beringin V Magelang, siang. 

Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Bapak. Papa Riyadi, S.Pd, M.Pd mendengarkan masukan-masukan dan evaluasi pelaksanaan USBN dan UNBK dari kedua belah pihak yaitu SMP Negeri 8 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang baik yang berasal dari Kepala Sekolah maupun dari perwakilan Peserta FGD ( Guru ), adapun yang hadir kurang lebih 40 orang dari masing-masing dari sekolah 20 orang. 

Setelah mendengarkan kemudian memberikan arahnya guna memberikan semangat bukan seperti, program-program tahun yang telah berjalan namun diharapkan ada program inovatif yang lebih tajam sehingga siswa-siswi semakin sukses dan prestasinya tidak kalah dengan daerah-daerah lain. 
Pengawas Sekolah,SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang,
Bapak Papa Riyadi, S.Pd, M.Pd sedang memberikan arahan

" FGD ini harus segera ditindak lajuti dengan rapat khusus disekolah untuk bisa menentukan treatment apa yang tepat untuk sekolah ini ( SMP 8 dan SMP 10 ) karena yang paham sekolah adalah guru-guru yang ada disini, Tentunya Pemerintah memberikan support, dengan harapan dengan adanya kegiatan FGD memberikan semangat bukan hanya dengan program yang telah dilaksanakan pada tahun yang lalu tapi harus ada program-program inovatif ya, yang bisa apa? yang bisa lebih tajam sehingga anak-anak lebih sukses untuk Ujian Nasionalnya nanti " Kata pak Papa kepada Beranda Spenapan News.Com (BSN.Com) usai memberikan arahan para Peserta FGD SMP 8 dan SMP 10 di SMP Negeri 8 Magelang, 11 Februari 2019, sore. 

"Karena semangat kita mesti harus juara, Kota Magelang harus juara itu menjadi semangat kita" Tandasnya.

Dari hasil Focus Group Discussion (FGD) tersebut kedua sekolah sepakat untuk mengadakan tindak lanjut, dengan mendiskusikan secara internal di sekolahnya masing-masing.

Pihak SMP Negeri 8 Magelang yang sampaikan oleh Bapak Imam Baihaqi, S.Pd, M.Pd selaku pimpinan menyatakan kesanggupannya untuk melakukan diskusi.

" FGD ini nanti kita tindak lanjuti, kita diskusikan dengan rekan-rekan untuk mengambil keputusan yang terbaik, artinya mana yang bisa dilaksanakan oleh guru, mana yang bisa dilaksanakan oleh tim, dan mana yang bisa dilakukan oleh sekolah " Kata pak Imam, saat ditemui BSN.Com di Ruang FGD seusai kegiatan pada Senin 11 Februari 2019.
Bapak Imam Baihaqi, sedang memberikan tanggapan di depan peserta FGD dan Pengawas

Hal senada dengan yang disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 10 Magelang, Bapak Drs. H. Sukamto, namun pihak menyadari adanya perbedaan antara SMP Negeri 8 dan SMP yang Ia pimpin.

" Mudah-mudahan menghasilkan kelanjutan yang lebih baik, jadi trik-trik tadi yang diambil itu harapanya, diinventaris yang dilakukan oleh perseorangan, oleh sekolahan dan seterusnya penting ditindak lanjuti disekolah masing-masing dengan landasan, iman, ilmu, amal sehingga apapun hasilnya kita serahkan kepada yang Kuasa, kita butuh Tawakal setelah kita berusaha semaksimal mungkin " Ucap pak Kamto.
Pandangan umum oleh Kepala SMP Negeri 10 Magelang, Bapak Drs. Sukamto, tentang perkembangan sekolahnya

" Sebenarnya (SMP 8 dan SMP 10) itu masalahnya sama, hanya kadar banyak dan sedikitnya yang berbeda, tapi kami berusaha semaksimal mungkin, yang lebih saya pacu lebih kepada prestasi dalam hal bukan akademik tapi dalam hal olah raga misalnya, bentuk betuk fisik lain itu yang lebih mudah kami wujudkan kalo ini dalam tanda kutip kita laksanakan secara maksimal dengan cara kebersamaan kompak, antara kepala sekolah para warga, 8 standar dan bapak ibu pengampu yang lain saling senergis " Pungkasnya.

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang