Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

SELAIN KELAS 7 KELAS 8 EKTRAKURIKULER PRAMUKA WAJIB

LATIHAN PERDANA BAGI PRAMUKA KELAS 8, DIAJARKAN MENGOLAH SAMPAI MENJADI PUPUK KOMPOS.

1 Regu Pramuka Tingkat Rakit, memperhatikan bagaimana cara mengolah sampah dari pelatih
pada, Sabtum 09 Februari 2019
#PRAMUKA BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Bersdasarkan program Kurikulum 2013, bahwa kegiatan Ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh para siswa adalah Kepramukaan. Kewajiban tersebut berlaku dan akan diterapkan baik untuk kelas 7 kelas 8 maupun kelas 9 SMP Negeri 8 Magelang, yang menggunakan Kurikulum 2013. 

Sejak tahun pelajaran 2017/2018 mulai menerapkan kurikulum 2013 untuk kelas 7 dan selanjutnya pada tahun pelajaran 2018/2019 penerapan kurikulum 2013 sudah berlaku bagi siswa kelas 7 dan 8. Oleh karena itu Kepala SMP Negeri 8 Magelang melalui TIM Kurikulum berusaha untuk memenuhi persyaratan dalam penilaian terutama untuk Ekstakurikuler Pramuka. 

" Sesuai dengan kurikulum 2013, bahwa kegiatan yang wajib, kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti adalah kepramukaan, oleh karena itu karena kalian kelas 8 sudah memakai kurikulum 2013 maka wajib harus ada nilai kepramukaan " Kata Kak Danang MRB Kepala Gugus Depan 01.140-141.S SMP Negeri 8 Magelang, mewakili Kepala Sekolah dan Kurikulum kepada Anggota Pramuka Penggalang kelas 8 pada Apel Pembukaan Latihan Pramuka Penggalang bagi kelas 8, Sabtu 9 Februari 2019 di Lapangan Upacara. 

Kak Danang juga menjelaskan alasan untuk kegiatan rutin baru di mulai pada semester II, karena program untuk latihan rutin harus bersinergi dengan program yang lain terutama program Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS).

" Untuk semester gasal yang kemarin belum kita laksanakan, karena sesuai dengan program dari BOSDA ini belum dimasukan dalam RAPBS untuk Kegiatan Kepramukaan, Pada bulan Januari kemarin sudah kita laksanakan setiap Jum'at minggu ke 4, setelah beberapa kali, ternyata kita lihat kok kurang efesien, oleh karena itu kita alihkan Ekstrakuler, seperti pada waktu kelas 7 yaitu kegiatan kepramukaan seperti biasa" Jelasnya. 

Apel Pembukaan Latihan Pramuka Penggalang kelas 8 SMP Negeri 8 Magelang, pada Sabtu 9 Februari 2019
" Karena hari Jum'at dilaksanakan untuk kelas 7 maka saya berserta para pembina mendakan rapat kecil untuk kelas 8 kita laksanakan pada hari Sabtu, dan saya pikir ini tidak usah terlalu lama, cukup 1,5 atau 2 jam saja. Saya tahu kalian senin hinga sabtu sudah sekolah terus, sabtu pengen istirahat menyonsong hari libur. oleh karena itu agar semuanya terlaksana Ekstrakurikuler Pramuka kelas 8 juga harus masuk nilainya ya kita adakan latihan, Materinya yaitu pemantapan materi kepramukaan terutama Penggalan golongan rakit " Terang Kak Danang. 

" Arah sasarannya adalah menyelesaian (Syarat Kecakapan Umum /SKU ) Penggalang Rakit, Arahnya itu " Tandasnya. 

Terakhir Kak Danang berjanji akan mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka kelas 8 khususnya dan umumnya di SMP Negeri 8 Magelang, agar lebih maju, efektif dan efisen. 

Selanjutnya materi pokok ada 2 point yang pertama adalah game yang sampaikan oleh Kak Paroji dan Cara Pengolahan Sampah menjadi Pupuk Organik oleh Pelatih Eksternal, Mas Ipin. 

Pada sesi Game kak Paroji yang akrab di sapa Pakmaz menyampaikan bahwa game sangat penting dalam membangkitkan semangat dan menyeimbangkan otak kanan dan kiri. Salain itu game dalam Pramuka dapat di aplikasikan pada Smartphone sebagai mana yang akan di ajarkan pada Mata Pelajaran TIK.

" Adek-adek saya paham kalian pasti bosan dengan kegiatan pramuka yang monoton, tapi ini akan kita paksa adek-adek untuk melakukan karena apa? karena ini sangat bermanfaat bagi keseimbangan otak-kanan dan kiri adek-adek, diera melineal ini siapa yang tak punya HP? Pasti semua butuh betul kan? Betul! Jika tidak terkontrol bisa jadi seharian adik-adik lupa belajar, terlena dengan HP. Nah, Alhamdulillah ada kegiatan Pramuka agam saja kita sedang bermain HP di Duniaya nyata, kita jadi tokohnya. Kalo adik-adik nanti cerdas dan ingin mengembangkan game-game pramuka yang kita laksanakan ini kita aplikasikan ke dalam Android, tanya nanti kepada guru TIK, Asyik kan Pramuka itu ?, kita jadi tokoh dalam game dan bisa membuat game untuk di mainkan di HP. Keren " Papar Pakmaz Paroji.

Materi oleh Kak Paroji di Lapangan Upacara SMP Negeri 8 Magelang, 9 Februari 2019

" Jangan terlena dengan HP, ingat Pramuka harus melakukan kegiatan fisik minimal 30 menit setiap hari ( Point 30 dalam SKU ). Pungkas alumni Khursus Mahir Dasar Keparamukaan (KMD) pada tahun 2008 tersebut pada Latihan Perdana bagi Pramuka Penggalang kelas 8 SMP Negeri 8 Magelang Sabtu 9 Februari 2018

Setelah melaksanan kegiatan dan menumbuhkan semangat dengan menyianyi bersama, materi dilanjutkan materi selanjutnya, yaitu cara pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Dalam Kegiatan ini hanya diikuti perwakilan regu inti yang berjumlah kurang lebih 30 orang (1 pasukan ).

Hadir seluruh pembina Pramuka hingga selesai, yaitu Kak. Danang ( Ka. Gudep), Kak. Kariyono, Kak. Hartuti, Kak, Tugiyono, Kak Bardi dan lainya.

Reporter : Pakmaz Paroji
Foto 421 SMP Negeri 8 Magelang