Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

PASPARA SPENAPAN PENMAS DAN PELANTIKAN DI GUNUNG MERBABU

DIGUYUR HUJAN DARI BERANGKAT SAMPAI PULANG TAPI TIDAK KAPOK JUSTRU PENGEN NAIK LAGI.

Anggota Pendakian Masal Paspara Spenapan berfoto di Camping Ground Pos 2 Gunung Merbabu berserta Kantong2 Sampang hasil kurve. pada Minggu 17 Maret 2019.
#PAKIS, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka Pelantikan Kenaikan Tingkat Anggota Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera ( Paspara ) SMP Negeri 8 Magelang (Spenapan) mengadakan pendakian masal di Gunung Merbabu, pada Sabtu 16 Maret 2019 sampai Minggu 17 Maret 2019 melalui jalur pendakian Wekas dan melakukan perkemahan di pos 2. 

Pembina Paspara Tugiyono, S.Kom yang akrab di sapa Kak Tugik menyampaikan bahwa kegiatan penmas tersebut bertujuan untuk melaksanakan visi misi sekolah dengan melatih kerjasama, kekompakan, melatih kekuatan fisik dan mengenalkan alam.


Kak Tugik Sedang Memberikan Arahan

" Iya (Paspara) mengadakan penmas di Gunung Merbabu - tapi kita hanya camping di pos 2, Tujuannya yang pertama adalah untuk melatih kerjasama, kemudian kekompakan, melatih fisik, dan mengenalkan alam lebih jauh, karena sesuai dengan visi-misi SMP Negeri 8 Magelang, juga kita ada tema tentang lingkungan masud dan tujuannya seperti itu " Terang Kak Tugik kemarin Rabu 20/3 sore pada Apel dan Kegiatan Rutin Paspara di Aula Sekolah. 

Selanjutnya Kak Tugik yang sehari-hari menjadi Operator Dapodik tersebut merinci bahwa kegiatan lingkungan yang dimaksud di tuangkan dalam bentuk aksi nyata yaitu bersih gunung khususnya di lingkungan berkemah dan jalan yang dilalui turun. 

" Kemarin kita mengadakan camping, perjalanannya kita untuk melatih fisiknya samapi di tempat ada agenda bersih gunung sebelum kemudian kita adakan acara pelantikan tingkat "  Jelasnya. 

Pelantikan tingkat yang dimaksud adalah Kenaikan bagi kelas 7 ke tingkat II dan bagi kelas 8 naik ke tingkat 3. 

" Total peserta yang dilantik ada 100 anak dari kelas 7 dan 8, sementara dari kelas 9 tidak ikut karena sedang akan melaksanakan Gradi Bersih UNBK, jadi hanya kelas 7 dan 8 " Imbuhnya. 


Meskipun kegiatan sudah berjalan sukses selaku Penanggungjawab teknis kegiatan Kak Tugik menyadari bahwa ada kendala saat akan pulang dari base camp. 

" Kalo proses untuk perkegiatannya si sebenarnya lancar, tapi ada kendala saat akan pulang transportasinya tidak bisa menjemput hingga base camp karena cuaca buruk, hujan gerimis yang tak kunjung reda, sehingga sopir mempertimbangkan untuk tidak menjemput sampai ke base camp dengan alasan keselamatan anak-anak, jadi kita melakukan antisipasi dan solusi untuk dilansir sampai dimana truk menunggu ( Gerbang Wekas ) " Ungkap mantan Ketua DKC Kota Magelang tersebut.

" Namun secara umum semua lancar sukses, seperti yang kita harapkan untuk perkegiatannya tidak ada yang terlewatkan satu pun untuk pergiatannya " Tegas Kak Tugk.


" Alhamdulillah dukungan dari sekolah bagus, dari Pak Kepala juga mendukung, Bapak Ibu Guru Pendamping yang mendapatkan tugas  ada Pak Danang, ada Pak Paroji, Pak Edo, Pak Aziz, Mas Pur, Mas Priyo, Mas Haris dan juga Pak Achfi semua kompang dan saling membantu untuk melayani para peserta, juga ada pendaping dari luar yang ikut mendukung kegiatan ini, Semua tanpa kecuali kami ucapkan terima kasih " Pungkasnya.

Davindra Caesar Kelas 8C, selaku ketua Paspara dan sekaligus pimpinan rombongan yang ikut dalam pendakian masal Paspara di Gunung Merbabu Sabtu kemarin mengungkapkan, bahwa dirinya berserta teman-temannya tidak kapok dengan kegiatan yang telah mereka ikuti, bahkan ingin mengulang lagi kegiatan yang lebih menantang.


" Penmas Paspara Iya Ikut, meskipun ada kendala dan medan yang berat tapi semua bisa diatasi, sejak berangkat hingga pulang kehujanan, tapi tidak kapok pak, kelas 9 kalo diijinkan besok pasti ikut lagi, gak akan kapok karena kan menantang itu pak, Alhamdulillah pulang tetap sehat dan tetap masuk sekolah seperti biasa, ada sich satu dua yang terpaksa ijin, tapi bisa dimaklumi " Ungkap Davindra yang menjadi peserta Pendakian Masal Paspara Spenapan di Gunung Merbabu pada sabtu hingga minggu 16-17 Maret 2019, kemarin saat Apel Ekskul Paspara kepada Beranda Spenapan News. Com

Hal serupa juga di Ungkapkan oleh Nurmalita alias Lita, bahwa dirinya merasa sehat dan kuat.

" Enggak ( Sakit ) Saya sangat sehat dan kuat, seneng bisa ikut penmas, mau ikut lagi kalo ada kegiatan naik gunung, kalo di Merbabu Insa Allah kuat sampai pos 3 " Ungkap Lita, peserta penmas yang sempat kakinya terkilir saat turut di pos 1.


Sementara itu Zakka Raihan, juga merasa pengin mengikuti kegiatan pendakian. Karena menurutnya mendaki itu seru, menantang, ekstrim, terkendala flu tapi sehat kuat.

" Mendaki rasanya seru, menantang, ekstrim juga, cuma dingin sampai perkemahan sempat flu, tapi Bersyukur Alhamdulillah tatap kuat, banyak sehat hingga pulang, Pengen lah naik lagi, Gak Kapok " Ucap Raihan, kepada BSN.Com Kemarin seusai mengkuti kegiatan Apel Paspara.





Reporter : Pakmaz Paroji
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang.