Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

1 MENGERJAKAN DI RUMAH SAKIT, KEGIATAN USBN PENDIDIKAN AGAMA BERJALAN LANCAR SUKSES


Siswa kelas 9G sedang mengerjakan Soal USBN, Senin 8 April 2019, dengan tertib dan tenang.

#UJIAN, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM  Pelaksanaan Kegiatan Ujian Sekolah Bertandar Nasional (USBN) Untuk Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama SMP Se Kota Magelang, Tahun Pelajaran 2018/2019 berjalan dengan Lancar sukses pada Senin, 8 April 2019. Khususnya USBN PAI di SMP Negeri 8 Magelang di ikuti oleh 220 peserta yang terdiri dari 202 siswa menempuh Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI), 14 Kristen, dan 4 Katolik, namun demikian terdapat 1 siswa yang mengerjakan Soal USBN PAI di Rumah Sakit Karena sedang Opname.

“ Alhamdulillah secara USBN Pendidikan Agama keseluruhan berjalan lancar sukses, tanpa kendala. Namun demikian Khususnya pada SMP Negeri 8 Magelang, untuk tahun pelajaran 2018/2019 ini dikuti oleh 220 siswa dari 202 yang beragama Islam, 14 Agama kristen dan 4 Agama katolik, dan 1 siswa yang harus mengerjakan (Soal Ujian) du RSU karena opname di Rumah Sakit yaitu atas nama Wabillahi Taufik kelas 9 F “ Tutur Ketua Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia Kota Magelang, Maulana Choirul Aziz, S.Pd, kepada BSN.COM Via Telpon pada Senin, 8 April 2019.  

Selanjutnya Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 8 Magelang terserbut menambahkan bahwa soal USBN menggunakan Kurikulum KTSP 2006.
“ Di SMP Negeri 8 Magelang masih menggunakan Kurikulum KTSP 2016, Soal berjumlah  45 soal dengan 40 Pilihan Ganda dan 5 soal Uraian “ Imbunya.

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa Kegiatan USBN PAI diawali dengan berbai kegiatan diantaranya :  Try Out berbasis komputer, Doa Bersama dan Spiritual Building Training di Masjid Baitul Makmur Pemerintah Kota Magelang yang dihadiri oleh Walikota Magelang pada sabtu 6 April 2019, Doa Bersama dan Istighosah, Serta meminta doa restu kepada Bapak Ibu Guru, Kariyawan serta Orang tuanya masing-masing. Dengan tujuan untuk menjadi daya dorong untuk meningkatkan mutu nilai Pendidikan Agama.

“ Adapun tujuan diadakannya kegiatan USBN Pendidikan Agama adalah untuk meningkatkan mutu penilaian Pendidikan Agama pada satuan Pendidikan, dapat menjadi acuan pencapaian Kompetensi Kelulusan Pendidikan Agama, dan juga menjadi bahan evaluasi kinerja satuan pendidikan dengan hasil penilaian, sebagai tolok ukur pemetaan mutu pendidikan agama, juga sebagai penentu kelulusan peserta didik “ Terang Pak Aziz.

Mengutip sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, pada acara Musyawarah Daerah (Musda) AGPAII beberapa hari yang lalu, bahwa pihaknya mengharapkan Pelaksanaan USBN Pendidikan Agama, bisa berjalan lancar dan tertib sehingga peserta didik  mempersiapkan mental dalam menghadapi Ujian.

“ Kami mengharapkan pelaknaan USBN bisa berjalan lancar dan tertib sehingga, mari kita persiapkan sebaik mungkin, dengan mengacu pada pedoman Ujian yang ada sehingga secara mental dan spiritual siswa-siswi siap dalam menghadapi Ujian tersebut “ Kata Kelapa dinas, sebagai mana dikutip dalam Pertemuan MGMP PAI maupun Musda AGPAII Kota Magelang beberapa waktu yang lalu.

Terakhir pihaknya berpesan agar para siswa tidak bosan belajar dan berdoa untuk mencapai hasil yang terbaik.

“ Semoga anak-anakku Siswa-siswi SMP Negeri 8 Magelang Khususnya, mendapatkan hasil yang terbaik setelah mengerjakan USBN PAI pada hari ini, pesan saya agar selalu berdoa, rutin berdoa, Sholat Tahajud dan Dhuha, Sebut Asma Allah, Namu Rasul diteruskan dengan doa-doa tadi, di baca Insa Allah diberikan Kemudahan dan kelancaran, karena sebagai manusia hanya bisa berusaha, yang memberikan kemudahan dan kelancaran hingga hasil dari usaha itu yang menentukan Allah SWT, jadi jangan bosan berdoam agar dalam mengerjakan soal UNBK dan USBN berikutnya bisa lancar dan mudah, akhirnya diberikan prestasi yang terbaik, Aamin “ Pungkasnya. {421}