Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

12.000 PELAJAR MUSLIM TURUN KE JALAN SAMBUT RAMADHAN TERMASUK SPENAPAN

PEMERINTAH KOTA MAGELANG MELALUI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN FASILITASI ORMAS ISLAM, KELOMPOK, YAYASAN DAN PELAJAR SEKOLAH SE KOTA MAGELANG UNTUK SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN.

Kontingen SMP Negeri 8 Magelang saat melintas di depan Panggung Kehormatan. 
#KOTA MAGELANG, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Sebanyak 12.000 Pelajar Muslim Se Kota Magelang turun ke Jalan Sambut bulan suci Ramadhan, pada minggu pagi 5 Mei 2019. Kegiatan dengan Nama Pawai Tarhib menyambut bulan Ramadhan tahun 1440 H, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kota Magelang, merupakan kerja bersama antara Pemerintah Kota Magelang, MKKS Kota Magelang, KKGPAI Kota Magelang yang di support oleh Baznaz. 

Ketua Penyelenggara Bapak Taufik Nurbakin, S.Pd, M.Pd menyampaikan dalam laporannya kepada Walikota Magelang yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Bapak Drs. Joko Budiyono, MM, dan Anggota Komisi C DRPD Kota Magelang, bahwa kegiatan Pawai Tarhib tahun 2019 adalah penyelenggaraan tahun ke 3 yang dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh ormas islam, kelompok, yayasan dan sekolah negeri maupun swasta yang sebelumnya menyelenggarakan secara terpisah sendiri-sendiri, dengan tujuan menggemakan akan datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H, yang jatuh pada Rabu, 6 Mei 2019.  

" Tujuan diselenggarakan kegiatan (Pawai Tarhib Ramadhan ) ini, adalah menggemakan akan segera hadirnya bulan suci Ramadhan tahun 1440 H, yaitu bulan yang penuh berkah dan maghfirah yang insa Allah besok pagi akan kita mulai ( 6 Mei 2019, hari ini )" Papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang dalam laporan penyelenggara kemarin di depan panggung kehormatan alun-alun timur kota magelang, (05/05).

Disamping mempunyai tujuan lain yaitu mensyiarkan agama islam, kegiatan tersebut juga sebagai realisasi program dan visi misi kota magelang, sebagai kota Jasa yang bereligius, mewadahi kegiatan dari berbagai kelompok organisasi yang akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

" Bahwa beberapa tahun yang lalu masing-masing dari kelompok organisasi mengadakan kegiatan tarhib sendiri-sendiri, dan ini sudah memasuki tahun ke 3, yang difasilitasi pemerintah kota magelang, sehingga kegiatan bersama ini dari kelompok organisasi bisa terselenggara " Imbuhnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa komponen organisasi tersebut terdiri dari NU yaitu Lembaga Pendidikan Ma'arif, Muhammadiyah, Ihsanul Fikri, IGTKI, Yayasan Muslimat, Aisyah, Rohis, dan Sekolah Negeri dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Pawai Ta'aruf Kota Magelang yang dilaksanakan tepat pada hari Ahad Kliwon tersebut juga sebagai ajang kreasi, ekspresi dan pengenalan budaya islam.

" Bahwa untuk tahun ini ada peningkatan peserta yang sebelumnya diikuti oleh 8.000 meningkat menjadi kurang lebih diikuti oleh 12.000 peserta " Terangnya.

Penyelenggara berharap pada tahun yang akan datang peserta dapat meningkat lagi dengan partisipasi dari masyarakat umum khususnya para takmir masjid.

" Mudah-mudahan tahun depan (2020) bisa melaksanakan kegiatan seperti ini dan bisa melibatkan masyarakat, melibatkan takmir masjid dan sebagainya sehingga akan lebih meriah " Harapnya bisa disetujui oleh Pemerintah Kota Magelang dengan meningkatkan Anggaran yang ada.


SMP 8 MAGELANG, KIRIM 100 PESERTA
Dari 12.000 Peserta yang hadir 100 orang diantaranya adalah perwakilan dari SMP Negeri 8 Magelang. SMP Negeri 8 Magelang dengan mengambil tema " Ramadhan sebagai sarana mewujudkan Ukhuwah Islamiyah, dan membudayakan karakter islami untuk mewajudkan kota Magelang yang MONCER ( Modern, Cerdas, Sejahtera dan Religius ) ".

Grahida Spenapan pada Pawai Tarhib Ramadhan 1440 H

Tema tersebut dibentangkan dalam sebuah spanduk yang dibawa oleh pasukan Pengibar Panji-panji SMP Negeri 8 Magelang dan diiringi dengan sholawat rebana oleh Grup Sholawa Rebana Al Hidayah ( GRAHIDA ) Spenapan.

Pkmaz.