Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA, UNTUK MENGINGATKAN KEMBALI BAGAIMANA MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA

UPACARA DISELENGGARAKAN DITENGAH UMAT MELAKSANAKAN IBADAH PUASA

Bapak Agus Setya Kristiyanto, S.Pd, M.Pd selaku Pembina Upacara saat memberikan sambutan
pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di SMP Negeri 8 Magelang
#PANCASILA, BERANDA SPENAPAN NEWS.COM Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila (HLP) yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2019 dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera ditengah Umat Islam melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H. 

Upacara yang dilaksanakan oleh TIM Khusus Paspara Spenapan tersebut bertindak sebagai Pembina Upacara Bapak Agus Setya Kristiyanto, S.Pd, M.Pd Guru Bahasa Inggris sekaligus Kepala Bagian Litbang SMP Negeri 8 Magelang. 

Dalam sambutanya yang disampaikan tanpa teks tersebut, menyampaikan bahwa kita harus senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dapat melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila merupakan moment yang sangat penting. 

" Pada hari ini Sabtu, 1 Juni 2019, secara khusus kita melaksanakan upacara ditengah-tengah kita umat muslim melaksanakan ibadah puasa, tentu ini menjadi sebuah moment yang sangat penting, karena kita ketahui bahwa kita melaksanakan upacara ini adalah di dalam rangka memperingati hari Lahirnya Pancasila " Ucap pak Agus saat memulai pidatonya pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Sabtu 1 Juni 2019 di Lapangan Upacara SMP Negeri 8 Magelang pagi. 

Selanjutnya Pengembang Sekolah tersebut menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur bangsa sudah diwariskan oleh para leluhur bangsa sejak jaman kerajaan hingga saat ini. 

" Lahirnya Pancasila bukan hanya karena Pribadi dari Bapak Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama, memang ide itu ada tapi - nilai nilai pancasila itu sudah ada sejak bangsa ini ada " Paparnya. 

Adapun nilai nilai pancasila yang dimaksud adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan dan Keadilan Sosial, menjadi jiwa dan semangat bangsa Indonesia sebagai Bangsa yang Besar. 

" Oleh Karena itu momen ini adalah moment penting, untuk mengingatkan bagaimana kita harus menerapkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara " Tegas pak Agus, 

Beliau juga menanggapi tentang pelaksaaan Pesta Demokrasi sebagai bentuk pengambilan langkah menuju Keadilan yaitu Pemilihan Umum. Pilpres dan Pileg 2019 yang berlangsung secara serentak. 

" Yang terpenting bukanlah siapa yang menang, tapi bagaimana persatuan itu tetap terjaga, setelah terbagi menjadi beberapa kubu " Ungkapnya. 

Terakhir selaku pembina upacara mengajak kepada para siswa agar mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. dan tetap menjaganya dengan baik. 

" Pengembangan karakter adalah sesuatu yang penting di dalam pendidikan ini, karakter untuk menghargai satu dengan yang lain, dan tidak ada intoleransi satu dengan yang lain, kita saling menghargai, saling menghormati dan disitulah kita menjadi bangsa yang besar, bangsa yang menghormati akan para pendiri bangsa, bangsa yang mencintai persatuan dan kesatuan, bangsa yang terus ingin kita menjadi bangsa yang damai dan sejahtera. Lanjutkan dan Semangat Pancasila ini harus tetap kita kobarkan dan miliki dalam kehidupan kita, kiranya apa yang menjadi renungan kita di hari Lahirnya Pancasila ini akan menjadi pemicu bagi kita untuk menjadi generasi bangsa yang memiliki semangat nasionalisme, semangat yang tinggi dalam membangun bangsa ini " Tandasnya. 

Kemudian menutup seraya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
" Kiranya Allah Subhanahu Wata'ala memberkati kita di hari yang sangat penting ini, sekian dan terima kasih " Pungkasnya. 

Reporter : Pakmaz Paroji 
Foto : 421 SMP Negeri 8 Magelang