Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

RAPAT PLENO SMP NEGERI 8 MAGELANG LEBIH MENGENALKAN KURIKULUM MERDEKA KE ORANGTUA

Magelang – SMP Negeri 8 Magelang bersama Komite menggelar rapat pleno bersama orang tua wali murid tahun pelajaran 2023/2024. Rapat ini diadakan juga untuk mensosialisasikan program sekolah yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran ini. Fokus rapat pleno ini lebih bertujuan mengenalkan Kurikulum Merdeka yang di berlakukan di kelas 7 dan 8 dan merefresh kembali tentang kurikulum 2013 bagi kelas 9. Kegitan tersebut diharapkan orang tua atau wali murid dapat memahami dan membantu dalam mengembangkan dan memajukan SMP Negeri 8 Magelang kedepannya, Sabtu (5/8).

Dalam rapat pleno, hadir Komite Sekolah, Drs. Sudarmadi, M.Si, Kepala Sekolah, beserta Waka Kurikulum dan Kesiswaan. Tujuan utama dari rapat ini adalah mengenalkan Kurikulum Merdeka ke orangtua wali murid kelas 7, 8 dan 9  serta mensosialisasikan kebijakan penerapan kurikulum dan program – program yang akan dilaksanakan di sekolah dengan sepengetahuan dan seijin orang tua di tahun ajaran sekarang.

Ketua Komite sekolah menjelaskan bahwa menurut Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah dapat melakukan penggalangan bantuan dengan asas gotong royong makanya kebersamaan orang tua melalui Paguyuban Orang Tua Murid harus yang lebih pro aktif sekiranya sekolah akan mengadakan kegiatan yang membutuhkan pembiayaan yang bersifat sukarela, diharapkan didalam kelas di tumbuhkan sifat saling tolong menolong bagi keluarga yang mampu bisa membantu keluarga yang tidak mampu. Inti bantuan sukarela itu untuk memberikan pengalaman belajar yang berkesan, menyenangkan dan beraneka ragam di sekolah, jadi tidak sekedar belajar di kelas saja ujar Drs. Sudarmadi, M.Si.


Sistem pelaksanaan rapat pleno ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu Sesi untuk wali murid kelas IX, Sesi 2 untuk wali murid kelas VIII, dan sesi 3 untuk wali murid kelas VII. Setiap sesi memiiki waktu yang berbeda. Tempat untuk dilaksanakannya rapat pleno ini yaitu di Aula SMP Negeri 8 Magelang.

Dengan diadakannya Rapat Pleno, SMP Negeri 8 Magelang menunjukkan komitmennya untuk melibatkan semua pihak terkait dalam proses pengambilan keputusan. Kegiatan ini juga memaparkan bagaimana upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas serta berkelanjutan bagi siswa-siswi dari kelas VII hingga kelas IX.

Kepala SMPN 8 Magelang, Tri Kusnandi,S.Pd,M.Pd menambahkan bahwa paragdima pendidikan sekarang terjadi perubahan yang mendasar khususnya siswa kelas 7 dan 8 yang menggunakan Kurikulum Merdeka, dalam proses pembelajaran di kelas (Intrakurikuler) lebih di fokuskan pada proses pembelajaran dan penanaman karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbeda dengan Kurikulum 2013 yang berfokus pada pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Sehingga pembelajaran intrakurikuler di laksanakan pada hari Senin hingga Kamis, sedangan pembelajaran Projek P5 (Kokurikuler) dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu. Pada saat Intrakurikuler di himbau siswa tidak boleh membawa smartphone (HP) agar belajarnya lebih berkonsentrasi namun saat melaksanakan Projek P5 di ijinkan membawa smartphone untuk mencari bahan pembelajaran dan membuat dokumentasi dan video terkait dengan tema yang di pilih oleh sekolah.


Didalam rapat juga orang tua wali murid dibagikan peraturan akademik, fakta integritas dan persetujuan orang tua wali murid terhadap peraturan tata tertib yang akan diberlakukan. Hal ini dibuat agar orang siswa dapat memahami peraturan akademik yang ada di SMP Negeri 8 Magelang, selain itu diharapkan juga wali kelas bersama orang tua wali murid membuat Paguyuban Orangtua Murid (POM) di setiap kelasnya dengan tujuan menumbuhkan, dan meningkatkan partisipasi kepedulian dan tanggung jawab orangtua dengan memberikan saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Dengan demikian, diharapkan kesepakatan dan keputusan yang dihasilkan dari rapat ini nantinya akan memberikan dampak positif dan memberdayakan semua pihak terkait adalam menjadikan SMP Negeri 8 Magelang sebagai lembaga pendidikan yang unggul di masa depan.

0 Komentar