Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

HEBAT! SMP Negeri 8 Magelang Raih Juara 1 Magelang Ethno Carnival

SMP Negeri 8 Magelang keluar sebagai juara kategori sekolah dalam kontes Magelang Ethno Carnival, Minggu 24 September 2023 lalu.

Seperti diketahui Magelang Ethno Carnival sendiri diikuti 73 kelompok dan 3.300 peserta. Mereka beradu kostum terbaik dalam memeriahkan Magelang Ethno Carnival (MEC) tahun 2023 di Kota  Magelang.

Dari 73 kelompok tersebut, dipilih 3 terbaik. Namun, berkat penampilan kostum yang unik serta peragaan yang ciamik, SMP Negeri 8 Magelang (Spenapan) keluar sebagai juara pertamanya.

Spenapan turut serta dalam pelaksanaan MEC dengan tema Harmoni Budaya, Kreativitas, dan Karakter Untuk Generasi Hebat.

Raihan juara ini bukannya tanpa alasan. Sebab, Spenapan jauh hari sebelumnya sangat disibukkan dengan berbagai rangkaian menjelang MEC.

Para siswa begitu serius mulai dari tahapan merancang kostum yang terbuat dari barang bekas, hingga pemilihan siswa untuk melaksanakan fashion show kreativitas siswa.

Tim Spenapa berjalan beriringan dengan 9 putri karnaval, tim Paspara, tim OSIS, tim Pramuka, mobil hias, dan lima puluh siswa penari soreng.

“Antusiasme siswa Spenapan begitu tinggi dalam mempersiapkan penampilan terbaik mereka. Kontribusi Bapak dan Ibu Guru Pendamping karnaval dengan memberikan penguatan dan pendampingan selama proses persiapan menjelang berlangsungnya MEC,” ujar Fitri Sholihati selaku Ketua Panitia Persiapan MEC Spenapan. 

Menurut Fitri Sholihati, mereka mempersiapkan kostum sejak sebulan sebelumnya. Karakteristik kostum ini diimplementasikan pada materi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

P5 tersebut dilaksanakan di dua jenjang yakni jenjang peserta didik kelas VII mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan kelas VIII bertema Bhineka Tunggal Ika.

Sementara kelas IX mendapat materi tambahan seni budaya untuk membuat kostum untuk menyambut MEC.

"Kostum yang dibuat anak-anak begitu apik. Mereka rela menyisihkan waktunya untuk membuat kostum dan pernak pernik, meskipun harus tetap memikirkan pelajaran,” ujar Fitri Sholihati.

Sementara itu, persiapan Tari Soreng dikomandoi oleh Hendri Indarto selaku pembina ekstrakurikuler tari di Spenapan. Menurutnya, siswa sangat antusias untuk menampilkan tarian yang memukau meskipun dikejar waktu.

“Latihan menari soreng yang khusus untuk MEC hanya seminggu saja. Akan tetapi, latihan sudah berlatih rutin saat jadwal ekstrakurikuler,” kata Hendri Indarto.

Penampilan dari kontingen SMP Negeri 8 Magelang begitu memukau, menarik, dan menghibur masyarakat Kota Magelang sekitarnya.

Hingga akhirnya, sembilan putri karnaval yang diiringi mobil berhias bunga menambah semarak penampilan tersebut.

Saat berada di depan panggung kehormatan, penari soreng menampilkan performance terbaiknya sehingga mendapat apresiasi dari jajaran Pemkot Magelang.

Tak disangka penampilan kontingen SMP Negeri 8 Magelang mendapatkan penghargaan juara pertama dalam MEC.



Kepala SMP Negeri 8 Magelang Tri Kusnandi mengucapkan terima kasihnya terhadap dukungan semua pihak baik guru, karyawan, peserta didik maupun orang tua atau wali murid Spenapan.

“Berkat dukungan orang tua dan wali murid yang memberikan sumbangsihnya dalam bentuk materi dan nonmateri kami mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama. Tidak tanggung-tanggung, anggaran biaya yang digelontorkan untuk MEC yaitu Rp 11.780.000. Kemenangan ini sekaligus untuk semua warga Spenapan,” ujar Tri Kusnandi.

Sementara itu, peserta didik SMP Negeri 8 Magelang juga sangat bangga memiliki sekolah yang mempunyai etos kerja sama yang sangat tinggi sehingga tercipta banyak prestasi.

“Saya sangat bangga bersekolah di Spenapan karena seluruh warganya terlibat dalam berbagai acara termasuk acara MEC ini,” Aqiilah Agly Rihhadatul ‘Aisy. (hen/adv)

Dikutip dari laman :

https://magelangekspres.disway.id/read/655154/hebat-smp-negeri-8-magelang-raih-juara-1-magelang-ethno-carnival/15

 

0 Komentar