Welcome to the EDUWIS junior high school offical website. "UNGGUL DALAM MUTU, SANTUN DALAM PERILAKU, BERJIWA RELIGIUS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN"
Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Rizki Putri Sekarini, M.Pd

Siswa SMPN 8 Magelang Mengikuti Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkoba

SMP Negeri 8 Magelang mengadakan sosialisasi dan penyuluhan upaya pencegahan terhadap kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba.

Sosialisasi ini digelar atas kolaborasi dengan Satuan Reserse Narkoba dan Seksi Hukum Polres Magelang Kota, Sabtu, 13 September 2023.

Adanya kolaborasi antara kepolisian dan sekolah ini guna mewujudkan pelajar yang fokus dalam pembentukan perwujudan siswa yang unggul dalam mutu, santun dalam perilaku, berjiwa religius, dan berwawasan lingkungan.

Pengedaran narkoba dan turunannya serta kenakalan di kalangan remaja kian meresahkan. Usia remaja yang didominasi kalangan pelajar diharapkan bisa menjadi penerus bangsa banyak yang terpapar hal tersebut.

Maraknya kenakalan remaja dan masuknya peredaran narkoba di kalangan pelajar menjadi perhatian khusus bagi kepolisian.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, SMP Negeri 8 Magelang, Fitri Sholihati SPd, menjelaskan, dalam sosialisasi dan penyuluhan hukum tersebut disampaikan bentuk dan dampak penyalahgunaan narkoba yang kini kian marak di kalangan pelajar.

Derasnya arus informasi membuat siswa mudah terpapar hal terkait pergaulan bebas, kenakalan remaja maupun narkoba.

“Sosialisasi dan penyuluhan ini sebagai strategi preventif agar siswa dapat membangun kesadaran dan membentengi diri dari kesalahan dalam bergaul,” terangnya.


Kepala SMPN 8 Magelang, Tri Kusnandi SPd MPd sangat berterima kasih sekali atas kegiatan tersebut dan juga menambahkan dalam kesempatan tersebut tidak hanya menginformasikan bahaya narkoba.

"Tetapi juga memberikan gambaran konsekuensi hukum yang akan dihadapi jika terlibat. Pendekatan edukatif, perlu dilakukan untuk menggugah kesadaran tentang risiko jika terlibat," ujarnya.

Ia berharap semua warga sekolah khususnya pelajar kelas 7, 8 dan 9 memahami bahaya narkoba, dan berusaha untuk menghindarinya, serta mematuhi hukum, mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Kasium Polres Magelang Kota, AKP M Arifin menyatakan, upaya seperti ini bentuk perlindungan terhadap masa depan generasi muda

Sosialisasi dan penyuluhan adalah langkah proaktif melindungi mereka dari bahaya narkoba dan membimbing mereka menuju jalan yang benar.

“Siswa diharap dapat mengetahui dampak hukum dari kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, sehingga mereka berpikir ulang terhadap hal tersebut,” ujarnya.

 Ipda Cahyono, Perwira Satuan Reserse Narkoba dan AKP M Arifin SH MH dari Polres Magelang Kota, memberikan penjelasan mendalam mengenai risiko penyalahgunaan narkoba kepada para siswa. (hen/adv).

 Dikutip dari laman :

https://magelangekspres.disway.id/read/655006/siswa-smpn-8-magelang-mengikuti-sosialisasi-kenakalan-remaja-dan-penyalahgunaan-narkoba/15

0 Komentar